BATUBARA- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batu Bara terus melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanan ke publik.

Salah satunya yaitu program 'Pak Moling' (Pelayanan Administrasi Kependudukan Mobil Keliling) yang menyasar ke desa-desa di Kabupaten Batu Bara.

"Disdukcapil terus melakukan upaya memudahkan pelayanan untuk mengurus administrasi kependudukan salah satunya layanan Pak Moling. Ini program jemput bola yang langsung turun ke desa-desa," kata Kadis Dukcapil Maeda Soetopo kepada Gosumut.com, Jumat (19/4/2024).

Maeda mengatakan layanan Pak Moling sudah dijalankan sejak tahun 2021 hingga sekarang.

"Pak Moling sudah berjalan hampir 5 tahun sejak tahun 2021 dan hampir seluruh Desa di Batu Bara sudah merasakan pelayanan ini," ujarnya.

Selain untuk peningkatan pelayanan, kata Maeda, layanan Pak Moling juga mendukung pelaksanan pemilu umum kepala Daerah 2024.

Maeda juga membeberkan bahwa dalam pelayaan terbaik yang dilakukan Dinas yang ia pimpin tidak hanya itu, melainkan ada beberapa program lainnya.

"Selian Pak Moling, Disdukcapil jugg mempunyai program Disdukcapil Go to School yang hadir di sekolah tingkat SMA, Disdukcapil Sigap yang programnya menyasar bagi lansia, ODGJ, rumah sakit, program ini langsung kerumah warga," ucapnya.

Maeda berharap pelayanan yang telah diberikan dapat membantu dan memudahkan masyarakat.

Dirinya mengajak masyarakat untuk lebih peduli dalam mengurus dokumen kependudukan, karena menurutnya dokumen kependudukan menjadi dasar dalam segala hal yang menyangkut administrasi.

Sambung, masyarakat diharapkan untuk melakukan pengurusan sendiri atau tidak diwakilkan karena hal itu mencegah dari hal penyimpangan.

"Kita sudah memberikan pelayanan yang terbaik, mudah-mudahan ini meningkatkan kepedulian masyarakat untuk mengurus administrasi," tutupnya.