SAMOSIR - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) bantu Kabupaten Samosir dengan ribuan bibit tanaman penahan tanah longsor, Rabu (17/4/2024). Ribuan bibit tanaman program penghijauan lingkungan sebagai penyangga lahan rawan longsor diterima langsung oleh Kepala Pelaksana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Sarimpol Simanihuruk, ST oleh Kepala UPTD Wilayah XIII Dolok Sanggul, Esra Sardina Sinaga, SP, M.Psi.
 
Adapun jenis bibit yang diserahkan, yakni bibit aren sebanyak 1.000 batang, alpukat 2.210 batang, durian 2.000 batang, pinus 801 batang, dan kemenyan sebanyak 780 batang.
 
Esra Sardina Sinaga menyampaikan, bantuan tersebut berdasarkan permohonan yang disampaikan oleh BPBD Kabupaten Samosir kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provsu. 
 
"Bantuan bibit tanaman ini semoga benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Samosir, terutama sebagai penyangga lahan-lahan yang rawan longsor", kata Esra.
 
Ke depan, kata Esra, pihaknya akan terus membangun sinergitas yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Samosir demi kesejahteraan masyarakat.
 
Sementara itu, Sarimpol Simanihuruk menyampaikan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provsu, khususnya KPH Wilayah XIII Dolok Sanggul yang sudah menjembatani sehingga bantuan bibit tanaman ini bisa sampai di Kabupaten Samosir.
 
"Bibit tanaman ini akan dibagikan kepada masyarakat yang memiliki lahan yang rentan dan rawan terhadap longsor", sebut Sarimpol.
 
Untuk itu, lanjutnya, diminta kepada masyarakat Kabupaten Samosir yang memiliki lahan rawan longsor agar membuat permohonan agar bibit dapat langsung disalurkan.