TAPTENG - Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa Ujung Batu Kecamatan Barus tahun 2024 triwulan pertama telah disalurkan untuk 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran BLT yang berasal dari dana desa tersebut dianggap menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu warga, sebab bantuan ini dianggap dapat meringankan beban ekonomi warga desa setempat.
 
Selaku Kepala Desa (Kades), Mustapa Tanjung mengatakan Pemerintah Desa (Pemdes) selalu berusaha mengedepankan KPM yang benar-benar layak melalui musyawarah khusus desa dan penerima tidak mendapatkan bantuan sosial pemerintah lainnya. 
 
"Kita lakukan secara selektif, transparan karena sebelum menentukan nama penerima, terlebih dahulu kita lakukan musyawarah khusus desa dan tidak menjadi penerima ganda untuk bansos lainnya," ucapnya. 
 
Mustapa menyebutkan adapun besaran uang yang diterima oleh warga adalah senilai Rp900 ribu untuk satu triwulan, dan telab diterima oleh KPM masing-masing.
 
"Pemdes Ujung Batu telah menyalurkan BLT tersebut kepada KPM untuk satu triwulan yakni mulai dari Januari, Februari dan Maret dengan total uang sejumlah Rp900 ribu yang telah dibagikan di kantor desa," jelasnya kepada Wartawan, Sabtu (6/4/2024).
 
Berikut nama penerima bantuan langsung tunai tersebut yakni Mansur Sidabutar, Lumona Marbun, Rasmi Simamora, Halimah, Nisma Rambe, Suarmi Tarihoran, Saparuddin Tanjung, Amirullah Simamora, Masdalilah Simanullang.
 
Ada juga nama lainnya seperti Marsitta Naibaho, Sinta Nopianti Tanjung, Azwarna Matondang, Yusraini Lubis, Minna Sitanggang, Ramsiani Tarihoran, Rosmaida Tambunan, Agustina Sihombing, Retna Sitanggang, Safraini Simatupang, Nasruddin Tanjung.
 
Selain pembagian BLT dana desa, Kades Ujung Batu ini juga mengatakan kalau Pemdes juga aktif dalam posyandu dan kegiatan lansia sehingga dianggap penting memperhatikan kader yang telah bekerja melayani warga. 
 
"Kami juga telah memberikan honor kader posyandu lansia kepada Masriani Matondang, Nurlaili Simatupang, Haini Sidabutar, Yusraini Lubis, Muharni Tanjung, Sakinah baho, Rahmah, Zuriah Meha," ungkapnya. 
 
Terlaksananya seluruh kegiatan pemberdayaan masyarakat ini diapresiasi oleh warga desa Ujung Batu dan berharap agar kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan dengan baik oleh Pemerintah Desa. 
 
"Kami berterimakasih kepada Kades dan seluruh aparatur desa atas kinerjanya menyelesaikan program pemberdayaan masyarakat desa ini, semoga kedepannya terus terlaksana dengan baik," timpal N.Tumanggor salah satu warga desa Ujung Batu.