ASAHAN - Bupati Asahan mengapresiasi dan sangat merasa bangga denga Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan yang rutin gelar kegiatan bakti sosial (baksos) peduli santuni anak yatim, janda wartawan dan loper koran. Hal itu diungkapkan langsung oleh Bupati Asahan, H. Surya saat menghadiri giat baksos PWI Asahan sekaligus sebagai buka puasa bersama di Cafe Danau Kelapa Gading Kisaran, Kamis (4/4/2024).
 
"Semoga kegiatan bakti sosial penyantunan anak yatim, janda wartawan dan loper koran disertai berbuka puasa bersama ini dapat meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT," harap Bupati Surya.
 
Surya juga mengatakan, ini adalah pertama kalinya dirinya menghadiri kegiatan bakti sosial PWI. 
 
Dijelaskannya, selama ini tidak hadirnya dia dalam kegiatan PWI yang lalu, di karenakan kesibukan jadwal kerja yang tidak bisa ditinggalkan.
 
"Dengan adanya bakti sosial ini, semoga anak-anak yatim, janda wartawan dan para loper dapat menerima bantuan yang diberikan oleh PWI dengan ikhlas dan senang hati," ujarnya.
 
Sebelumnya, Ketua PWI Kabupaten Asahan, Sapriadi dalam kesempatan bakti sosial dan buka puasa bersama itu mengatakan, bahwa kegiatan bakti sosial ini adalah merupakan kegiatan agenda rutin yang dilaksanakan oleh PWI setiap tahunnya.
 
"Kami PWI mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Asahan dan Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah membantu PWI memberikan dana hibah. Semoga kami dapat meningkatkan terus kegiatan dan program kerja PWI," ujar Sapriadi.
 
Sapriadi juga memiliki angan-angan, kedepannya akan meningkatkan program lainnya seperti program beasiswa untuk anak-anak wartawan. 
 
"Semoga niat baik ini dapat terealisasi tapi saat ini saya sampaikan, ini masih kita rencanakan, maka untuk itu kita mohon dukungan dari Dinas Kominfo Kabupaten Asahan," jelasnya.
 
Sementara, Ketua Panitia, Rasudin Sihotang didampingi Sekretaris Bayu Sahputra dan Bendahara panitia Jusli Evan Noor menyampaikan bahwa bakti sosial PWI tahun 2024 ini menyantuni sebanyak 50 orang terdiri dari 20 orang anak yatim, 20 orang janda wartawan dan 10 orang loper koran.
 
Diuraikannya, bantuan yang diberikan oleh PWI berupa uang penali kasih serta beras kebutuhan pokok. 
 
"Selain bantuan sosial dari PWI, Bupati Asahan dan Kapolres Asahan AKBP Afdhal ikut turut memberikan santunan kepada anak-anak yatim secara pribadi," terangnya.
 
Selanjutnya acara bakti sosial diisi tausiyah oleh al Ustad Saimin. Dalam ceramahnya Al Ustad menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial adalah merupakan kegiatan yang disukai oleh Allah SWT untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat Islam.
 
Selain Bupati Asahan dan Kapolres Asahan, kegiatan ini juga dihadiri oleh langsung oleh perwakilan Danlanal TBA, perwakilan Dandim 0208/AS, Manager PLN Kisaran, Kadis Kominfo, Seketaris dan Kabid Media Kominfo Asahan 
 
Selain itu tampak hadir para pengurus organisasi wartawan dari SMSI Asahan, IWO Asahan, IJTI Astara, IWO Indonesia Asahan dan pengurus serta anggota PWI Kabupaten Asahan.