MEDAN - Dukungan untuk Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) dari jalur perseorangan wajib tersebar di 17 kabupaten/kota di Sumut. Kemudian, syarat dukungannya harus mencapai 7,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Sumut.
 
"Jumlah DPT kita 10.853.940. Jika dikalikan 7,5 persen, berarti jumlah yang menjadi persyaratan Cagubsu jalur perseorangan mencapai 814.046," ujar Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut, Robby Effendi Hutagalung, Kamis (4/4/2024).
 
Kemudian, lanjut dijelaskannya, dukungan tersebut harus tersebar di 17 kabupaten dari 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut.
 
"Syarat ini mengacu Pasal 41 Undang-undang (UU) Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota," jelas eks Komisoner KPU Kota Binjai ini.
 
Dalam UU Pilkada tersebut, ungkap Robby, disebutkan pula bahwa daerah dengan jumlah 6-12 juta orang disyaratkan 7,5 persen dukungan dari total DPT yang ada.
 
"Adapun untuk pemenuhan persyaratan dukungan lewat jalur perseorangan ini, berlangsung dari 5 Mei hingga 19 Agustus. Pengumuman pendaftaran pasangan calon 24-26 Agustus dan pendaftaran 27-29 Agustus," ungkapnya.
 
Sedangkan format surat pernyataan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilkada serentak 2024, kata Robby, dapat diunduh melalui link bit.ly/FormDukunganPerseoranganKada dan scan QR code tertera di website dan media sosial KPU Sumut.
 
Sebagaimana diketahui, Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, tahapan pemungutan suara Pilkada serentak Tahun 2024 akan berlangsung pada 27 November. 
 
Kemudian dilanjutkan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada 27 November sampai Desember 2024.
 
Secara umum, selain lewat partai politik, bakal calon gubernur dan wakil gubernur, bupati/wakil bupati serta walikota/wakil walikota dapat dilakukan melalui jalur independen atau perseorangan.