SAMOSIR - Guna mengantisipasi adanya kecurangan dan penimbunan bahan bakar minyak (BBM) menjelang libur nasional Hari Raya Idulfitri 1445 H yang jatuh pada tanggal 10-11 April mendatang, unit patroli Sat Samapta Polres Samosir, lakukan patroli dialogis di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pangururan, Jl. Dr. FL Tobing, Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sabtu (30/3/2024). Sebanyak 3 orang personil unit patroli Sat Samapta Polres Samosir tampak menggunakan kendaraan dinas roda empat melaksanakan kegiatan patroli dialogis, juga dalam rangka pengecekan situasi keamanan, kelancaran pengisian BBM, serta antisipasi terjadinya tindak pidana di SPBU Pangururan dengan nomor 14.223.328 yang beroperasi hingga pukul 21.00 WIB.

Bripda. Greniel Sihite menyebutkan, dari hasil patroli diseputaran SPBU Pangururan tidak didapati hal-hal yang dicurigai yang dapat mengganggu aktivitas di SPBU dan tidak ada masyarakat mengisi BBM menggunakan jerigen.

Kehadiran personil unit patroli Sat Samapta Polres Samosir di SPBU juga sekaligus melakukan pengaturan arus lalau lintas dan mengatur antrian kendaraan satu arah bagi antrian kendaraan yang akan mengisi BBM ke SPBU Pangururan.

Kepada petugas pompa BBM, Bripda. Greniel Sihite menghimbau agar tidak melakukan kecurangan dalam ukuran Pada saat pengisian BBM. Mengingatkan petugas SPBU melayani konsumen dengan baik dan melakukan pengecekan stok ketersediaan BBM agar dapat dilakukan perencanaan pembelian ke Pertamina.

"Pelayanan yang humanis adalah obat yang baik kepada pengemudi yang hendak mengisi BBM khususnya yang sudah mengantri. Bila ada antrian panjang agar menghubungi Polres Samosir untuk mengatur lalu lintas, antisipasi kemacetan, dan laka lantas", ujar Greniel.

Kepada masyarakat yang ingin melakukan pengisian BBM dengan jerigen, Greniel menyampaikan harus ada surat rekomendasi untuk pengisian BBM subsidi. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan malpraktek penggunaan BBM bersubsidi dan antisipasi kecurangan dengan melakukan penimbunan BBM.

Pada saat koordinasi dengan petugas SPBU, Bripda Greniel Sihite juga meminta agar menunjukkan kepada pengemudi, bahwa pengisian BBM selalu dimulai dari Nol.

"Jangan lupa juga kewajiban penggunaan Barcode agar dimintakan kepada pengemudi sesuai aturan yang ada saat ini", tutupnya.

Sementara itu, salah satu petugas di SPBU Pangururan, Raimond Sinurat menuturkan, pihaknya setiap hari melakukan pembelian BBM apabila stok tidak mencukupi untuk hari selanjutnya.

Selain itu, antisipasi ketersediaan jelang libur lebaran, permintaan stok ke pihak Pertamina juga sudah dilakukan mengingat Kabupaten Samosir biasanya akan ramai dikunjungi wisatawan dan pemudik yang menggunakan kendaraan di libur lebaran nantinya.

"Namun untuk saat ini, stok BBM kita masih tersedia. Stok BBM Pertalite 19.168 liter, Pertamax 7.345 liter, Dexlite 10,327 liter, dan Bio Solar 19,669 liter. Sedangkan untuk persiapan kita menjelang libur lebaran nanti, telah kita koordinasikan dengan Pertamina agar menyiapkan stok BBM untuk SPBU Pangururan", kata Raimond.