PALAS - Pj Bupati Padanglawas (Palas) Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP, M.Si, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023 ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. LKPD tersebut diterima Kepala BPK RI Perwakilan Provsu, Eydu Oktain Panjaitan SE, MM, Ak. CA, CSFA, di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Provsu di Medan, Kamis (28/3/2024).
 
Penyerahan ini turut dihadiri Kepala Sub Auditorat Sumut III Syafruddin Lubis Pengendali Teknis BPK RI Perwakilan Provsu dan Tim Pemeriksa BPK pada saat interim, Sekretaris Daerah Arpan, S.Sos, Inspektur Inspektorat Harjusli Fahri Siregar, S.STP, M.Si, Plt. Kaban BPKAD Fajaruddin Hasibuan S.E.
 
Pj Bupati Palas, Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP, M.Si mengucapkan, terimakasih kepada BPK RI perwakilan Sumatera Utara yang telah memberikan kesempatan untuk menyerahkan laporan keuangan pemerintah Kabupaten Padanglawas.
 
Diawal tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Padanglawas telah menyusun laporan keuangan tahun anggaran 2023 dan Pertanggungjawaban.
 
Hal ini sebagai wujud pengelolaan keuangan daerah sebagai tindak lanjut dari amanat undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara dan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah serta peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja akuntansi pemerintahan, katanya.
 
Kemudian pada bulan Februari 2024, tim BPK telah melakukan pemeriksaan interim atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2023. 
 
"Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada tim atas arahan serta bimbingan selama pemeriksaan tersebut sehingga penyampaian LKPD Kabupaten Palas tepat waktu,”ujar Pj Bupati.
 
Ditambahkan, penyusunan laporan keuangan ini masih kurang dari sempurna. Oleh karena itu diharapkan tanggapan, dukungan dan saran dari Kepala BPK RI perwakilan Provinsi Sumut beserta jajaran dalam hal penyempurnaan penyajian laporan keuangan.
 
"Pemkab Palas terus berupaya untuk meningkatkan kinerja sekaligus melakukan penyempurnaan dalam menyajikan laporan keuangan secara tepat waktu dan akurat," imbuhnya.
 
Pemerintah Kabupaten Padanglawas, sambungnya, akan tetap kooperatif memenuhi seluruh permintaan data dan dokumen yang diperlukan selama pemeriksaan atas laporan keuangan. 
 
"Dengan harapan dapat memperoleh hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya," katanya.
 
Pj Bupati mengucapkan, terima kasih ke Kepala BPK RI perwakilan Sumut beserta jajarannya yang telah menerima laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Palas tahun anggaran 2023.