PALAS - Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar Peringatan Nuzulul Quran Tahun 1445 H / 2024 M di Masjid Annur Lingkungan VI, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun,Rabu (27/3/2024) malam. Pj Bupati Palas, Dr. Edy Junaedi Harahap,S.STP,M.Si diwakili Asisten I Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat, Panguhum Nasution menyampaikan, Alquran diturunkan Allah secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari di mana ayat-ayat Alquran silih berganti diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.
 
Selama itu pula, lanjutnya, Nabi Muhammad SAW dan para sahabat tekun mengajarkan Alquran dan membimbing ummatnya. Baginda Muhammad SAW dan para sahabat berhasil membangun masyarakat yang di dalamnya terpadu ilmu iman, nur hidayah, keadilan kemakmuran di bawah ridho dan ampunan Allah.
 
"Dimana surah Al- Alaq adalah wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW," katanya.
 
“Saya percaya dengan budaya membaca sejak dini serta penanaman ilmu agama Islam serta menjamurnya pondok pesantren dan sekolah islam terpadu," katanya.
 
Dengan demikian, lanjutnya, akan melahirkan hafidz/hafidzoh maupun ahli ilmu hadits, ahli ilmu tafsir, ahli ilmu fiqh maupun ahli ilmu agama dibidang lainnya.
 
Ia optimis dan percaya di masa depan Kabupaten Palas yang bercahaya beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya) akan terwujud sesuai yang diharapkan.
 
Melalui peringatan nuzul Qur’an ini, ia mengajak, masyarakat  untuk semakin mencintai al qur’an sebagai pedoman hidup keselamatan dunia dan akhirat.
 
Melalui peringatan Nuzulul Quran ini, sambungnya, mudah mudahan semakin cinta dengan Alquran, tersinari oleh cahaya kebenarannya sehingga hidup dan kehidupan menjadi terarah serta mendapatkan syafaat dari Alquran.
 
“Peringatan Nuzulul Quran pada bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Mari kita jadikan Alquran sebagai pedoman hidup, sumber informasi dan motivasi, obat penguat jiwa, penyebar kasih sayang kepada sesama manusia," tutupnya.