PALAS -Tudingan lolos jadi Komisioner KPU Kabupaten Padanglawas(Palas) diduga ada unsur manipulasi data. Johan Wahyudi,Komisioner KPU Kabupaten Palas,angkat bicara, bahwa dirinya lolos melalui tahapan seleksi mulai dari pendaftaran sampai pengumuman 10 besar oleh Tim Seleksi dengan Nomor : 004/TIMSELKK- GEL.10 -PU/04/12/2023 yang ditanda tangani Ketua Timsel,Rahmat Suhargon Harahap dan Sekretaris,Rahmat Efendi Siregar.
 
"Kalau saya ada melakukan manupalasi data tentang batas usia yang belum genap 30 tahun,saat mendaftar sebagai calon Komisioner tentu sudah dari awal tidak lolos pesyaratan,"ungkap Johan Wahyudi,Kamis(28/3/2024).
 
Ia sangat menyayangkan,adanya pemberitaan disalah satu media cetak lokal daerah yang menyebut lolos, komisioner KPU manipulasi data. 
 
Menurut Johan Wahyudi, jika ia melakukan manipulasi data tentang umur yang belum genap berusia 30 tahun. Tentu Timsel menolak permohonannya sewaktu mendaftar di Timsel pengrekrutan komisioner Kabupaten Palas dan Langkat pada waktu itu.
 
Ia menjelaskan, bahwa ada 10 nama yang lolos, calon Komisioner KPU Palas sesuai pengumuman Timsel pada waktu itu yaitu
Abdul Rahman Daulay, Hamid Zumary Hasibuan, Indra Alamsyah, Jhoni Mubaroq Pulungan dan Johan Wahyudi.
 
Selanjutnya, Jordan Santoso Panjaitan,
Junaidi Hasibuan, Muhammad Ananda Mardin Harahap, Muhammad Edi Rizki Tasosa.
 
Johan Wahyudi mengatakan, dirinya dilantik 20 Ferbuari 2024 lalu sebagai Komisioner KPU Palas.
 
"Sesuai ketentuan dan syarat untuk menjadi Komisioner KPU, salah satunya tidak kurang dari umur 30 tahun saat mendaftar. Hal itu berdasarkan PKPU Nomor : 13 tahun 2007 tentang pedoman pelaksanaan seleksi dan penetapan anggota KPU Kabupaten/Kota dan Provinsi," terangnya.
 
Didalam Pasal 3 huruf b menyatakan, pada saat pendaftaran berusia paling rendah genap 30 tahun. Diketahui, pendaftaran dibuka tanggal 24 Oktober 2023, Sementara
Johan Wahyudi mengaku lahir tanggal 22 Agustus 1993. 
 
"Dimana saya melakukan manipulasi data, karena semua tahapan -tahapan seleksi calon anggota Komisioner KPU,diikuti sesuai ketentuan dan aturan," tandasnya.