PALAS - Pj. Bupati Padanglawas (Palas) Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP., M.Si menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) penguatan sinergi antara Pemda dengan KPK, Kemendagri dan BPKP wilayah I Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Rabu (27/3/2024). Kegiatan ini berfokus pada penyampaian Materi pendalaman Monitoring Center for Prevention (MCP) tahun 2024, SPI, dan IPAK 2023.
 
Pj Gubsu Hassanudin mengapresiasi, KPK yang telah melaksanakan kegiatan rakor di Provinsi Sumut. 
 
Dikatakan, dengan kegiatan rakor diharapkan KPK dapat memberikan dukungan kepada Pemda untuk pencegahan korupsi di Sumut. 
 
"Banyak hal yang telah dicapai pemerintah Sumut, kami selalu bertekad mencegah terjadinya korupsi mohon dukungan dari KPK," ujarnya.
 
Berdasarkan data capaian di Sumatera Utara untuk progres pengadaan barang dan jasa telah berjalan 99 persen, management ASN 95 persen, Pengawasan APIP 93 Persen, BUMD area Perizinan 74 Persen, tambahnya.
 
“Untuk pembayaran pajak daerah di Sumut telah mempergunakan E – Samsat Sumut bermartabat untuk memudahkan pembayaran pajak dan menghindari pungli," terangnya.
 
 
Pj Gubsu berharap, dukungan KPK RI untuk koordinasi dan kerjasama dengan pelaku kepentingan lainnya dalam mencegah korupsi di Sumut.
 
Pj Bupati Palas,Dr.Edy Juanedi mengatakan, penilaian MCP Kabupaten Palas Tahun 2023 terdiri dari 8 area 30 indikator dan 63 sub indikator dengan capaian tahun 2023 sebesar 72%.
 
Area MCP terdiri dari, perencanaan dan penganggaran apbd dengan capaian 94%, pengadaan barang dan jasa dengan capaian 66%, pelayanan perizinan dengan capaian 74%, pengawasan apip dengan capαιαn 63%.
 
Selanjutnya,kata Pj Bupati, manajemen asn dengan capaian 48%,optimalisasi pajak daerah dengan capaian 59%, pengelolaan bmd dengan capaian 93% dan tata kelola desa dengan capαiαn 71%.
 
Ia mengajak, seluruh stakeholder pemerintah untuk  mendukung Pemprovsu  dalam setiap program kerjanya yang bertujuan untuk memajukan Sumut.
 
"Mari kita dukung program  Sumut Aman dan Bermartabat, sesuai dengan Visi dari Pemprovsu itu sendiri .Bahwa Sumatera Utara Yang Maju, Aman dan Bermartabat," harapnya.
 
Ditambahkan,Pemkab Palas siap transparansi dalam setiap kegiatan, sehingga tindakan korupsi dapat dicegah dan atasi dengan baik.
 
Turut hadir mendampingi Pj. Bupati Palas, Sekdakab Palas Arpan Nasution S. Sos, Inspektur Kabupaten Palas, Harjusli Fahri Siregar S.STP., M.Si dan sejumlah pimpinan OPD Pemkab Palas.