PALAS -  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau gudang Bulog Huta Lombang, Kabupaten Padanglawas (Palas) Provinsi  Sumatera Utara, Jumat (15/3/2024). Dikesempatan itu, Presiden  menyalurkan bantuan pangan berupa beras kepada para keluarga penerima manfaat (KPM) yang ada di Padanglawas.
 
"Ya ini melanjutkan, melanjutkan bantuan pangan dalam bentuk beras yang akan diberikan di bulan Januari, Februari dan Maret. Setiap bulannya 10 kg," ungkap Jokowi di Gudang Bulog Hutalombang.
 
Kepala Negara juga mengatakan, program penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah akan dilakukan sampai bulan Juni. 
 
Bantuan beras akan disalurkan kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat yang ada di Kabupaten Palas.
 
"Setelah itu, nanti kita lihat di APBN kita ada ruang anggaran akan kita lanjutkan. Tapi, janji pemerintah sampai bulan Juni dulu," tuturnya.
 
Selain membagikan bantuan pangan, Jokowi sempat membagikan sepeda dan kaos di area halaman Gudang Bulog yang berada di Desa Huta Lombang tersebut.
 
Sejumlah warga penerima bantuan pun bersyukur dengan bantuan beras dari pemerintah tersebut. 
 
Salah satu warga penerima, Rohana Hasibuan, mengaku senang sekaligus terharu karena bisa mendapatkan bantuan langsung dari Jokowi.
 
"Hari ini dapat bantuan beras 10 kilo sama bingkisan dari Pak Jokowi. Senang kali, terharu, alhamdulillah, kita dibantu. Saya berharap semoga Pak Jokowi selalu sukses dan sehat," ungkapnya.
 
Hal senada dirasakan Marni Siregar, warga setempat yang juga mendapatkan bantuan beras dan sembako dari Jokowi.
 
"Saya mengucapkan terima kasih sekaligus mendoakan Jokowi," tuturnya.
 
Marni juga menyatakan, sempat resah dikarenakan harga beras di pasar belakangan ini mengalami perubahan cukup drastis, namun dengan bantuan pangan yang diterimanya, saat ini ia merasa bisa lebih tenang. 
 
“Senang sekali, selain dapat beras, serasa mimpi ketemu langsung dengan bapak Jokowi," tambahnya.
 
Dia menambahkan, gemetar melihat Presiden karena bertatap muka secara langsung ,terasa bermimpi.
 
Semoga bantuan beras ini dapat terus diberikan pemerintah. Lalu harga beras dapat kembali stabil, harapnya.
 
Disisi lain, dua orang warga  penerima sepeda dari Presiden RI ,Sodikin Harahap dan Sukman Hasibuan, Kecamatan Lubuk Barumun.
 
Sadikin Harahap diuji Presiden untuk pengucapan Pancasila, begitu juga dengan Sukma Hasibuan.
 
"Saya tidak menyangka, bertemu dengan Bapak Presiden RI, bahkan menerima sepeda dari Kepala Negara," tuturnya.
 
Ia menambahkan, semoga dengan bantuan beras 10 kg dari Bulog dan bantuan beras 5 kg, minyak goreng, gula, roti  dan teh serta hadiah sepeda, cukup bermanfaat bagi keluarga.
 
"Saya mendoakan Bapak Presiden Jokowi, selalu rendah hati dan sehat selalu," tutupnya.