PALAS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)  meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas (Palas), Jumat (15/3/2024). Presiden mengakui,  kunjungannya ke rumah sakit ini bertujuan untuk mengecek fasilitas sarana dan prasarana serta kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 
“Saya ingin melihat pelayanan rumah sakit terhadap pasien atau masyarakat, sudah baik dan pelayanan BPJS juga cepat," ucap Presiden RI disela peninjauan RSUD Sibuhuan, Kabupaten Palas.
 
Menurutnya, pelayanan yang diberikan RSUD Sibuhuan kepada pasien termasuk yang menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS Kesehatan sudah sangat baik dan cepat.
 
Namun demikian, Presiden meminta untuk terus melakukan perbaikan pelayanan karena masih perlu adanya penambahan dokter spesialis jantung dan stoke” ujarnya.
 
Presiden mengakui, pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut sudah baik, karena ada 17 standar pelayanan yang telah tersedia.
 
Terkait fasilitas sarana dan peralatan medis perlu penambahan agar lengkap dan memadai seperti peralatan medis sesuai kebutuhan rumah sakit. 
 
Kepala Negara berharap, pelayanan dan fasilitas kesehatan di rumah sakit dapat terus ditingkatkan ke depannya agar masyarakat yang berobat semakin terlayani dengan baik sesuai yang diharapkan.
 
“Kecepatan pelayanan BPJS Kesehatan ini akan meningkatkan pelayanan kesehatan semakin baik dengan ketersedian dokter spesialis yang akan di siapkan seperti spesialis jantung dan stroke," kata Presiden.
 
 
Presiden menyampaikan, peralatan medis yang perlu disiapkan Mammography, IHK SET, CT Scan minimal 64 slice dapat digunakan juga untuk pelayanan stroke dan uronefrologi, Echocardiography, Ser Endourologi Basic, Ventilator non Invasif anak/dewasa.
 
Dan Ventilator Konvensional anak/dewasa, Air Warming Blanket, CPAP Transport, Pulse Co-oximeter for neonatus dan infant, Alat pemeriksaan Bilirubin in Vitro/POCT.
 
Usai memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media, Presiden RI melanjutkan peninjauan ke instalasi gawat darurat (IGD).
 
Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Pj. Gubernur Sumut,Hassanudin, Pj.Bupati Palas, Dr,Edy Junaedi,S.STP,M.Si dan Direktur RSUD Sibuhuan, dr. Afandi Siregar.