MEDAN - Gebyar Pendidikan Agama Islam (PAI) ke 17, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Festival Seni Islami Tingkat SMA/SMK se - Kota Medan resmi dibuka di SMA Negeri 3, Rabu (13/3/2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi siswa-siswi serta menciptakan generasi yang cinta Alquran.
           
Kepala Dinas Pendidikan Sumut diwakili Kacabdis Wilayah I August Sinaga SPd, SST, MAP dalam sambutannya tertulisnya menyebutkan, Ramadan merupakan momentum untuk terus meningkatkan kecintaan pada Alquran.
 
Karenanya melalui MTQ ini diharapkan bisa melahirkan dan terus menumbuhkan generasi Alquran. 
         
Dia juga berpesan MTQ Pelajar SMK/SMA ini tidak hanya sebatas lomba, tetapi juga mencari bakat baru setiap MTQ, sehingga, kafilah MTQ Sumut terus beregenerasi. 
       
”Kita harap gebyar pendidikan, MTQ dan festival seni kali ini berjalan dengan lancar, dan kami mohon dukungan semua pihak,” harapnya.
 
Sementara Ketua Panitia Ardiansyah menjelaskan, MTQ Tingkat SMA/SMK se - Kota Medan ini mempertandingkan 5 cabang antara lain Fahmil Qur'an, Tilawah, Tahfidz, seni lukis Islam/kontemporer/kaligrafi dan Syahril.
           
Katanya, kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari (13 - 15 Maret). Peserta akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di ajang ini.
            
Kepala SMAN 3 Medan Mukhlis SPd meminta segenap peserta agar berkompetisi secara adil dan jujur serta tetap menjunjung sportivitas sesama siswa/i selama mengikuti even atau lomba.
            
Hadir di acara pembukaan, di antaranya, Ketua MGMP PAI SMA Kota Medan Ridawati Lubis MA, Kepala SMAN 1 Medan Elfi Sahara, Kepala SMAN 7 Medan Masri Lubis, Kepala SMAN 13 Medan Fauziah Hasibuan, Kepala SMAN 15 Medan Gokman Sianturi, Kepala SMAN 17 Medan Jusup Ginting, Kepala SMAN 21 Medan Riko Marbun, Ibnu Hajar MPd, Indra Setiawan, Hendi Suwanto, Ikhwan Rifai Purba MSi dan M Fadlan Rido MA.