BATUBARA - Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara, Nizhamul menyambut kunjungan tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 119 Tahun 2024 di Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, Senin (4/3/2024)). Kunjungan Tim Wasev ini diketuai Letjen. TNI Sonny Aprianto S.E, M.M (Koorsahli Kasad), dan turut dihadiri Pangdam I/BB Mayjend TNI Mochammad Hasan (Pangdam I/BB), Dandrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf. Agustinus Sitepu S.Sos. MSi, Kasdam I/BB Kolonel Arh. Dedik Ermanto S.i.p.
 
Selanjutnya juga hadir Letkol Inf. Evid Nirwan Edward, Dandim 0208/Asahan Letkol Inf. Muhammad Bassarewan, Kapolres Batu Bara AKBP Taufik Hidayat Thayeb, Ketua DPRD Batu Bara M.Safi'i dan Kajari Batu Bara Amru Siregar.
 
"Kegiatan diisi dengan, pekerjaan fisik mencapai 85% seperti peningkatan ruas jalan desa, rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH), rehabilitasi tempat ibadah (musala), dan kegiatan non fisik, seperti sosialisasi & penyuluhan kepada masyarakat Desa Simpang Gambus Kecamatan Lima Puluh," ujarnya.
 
Tujuan pelaksanaan TMMD ke-119 ini sendiri adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka pemenuhan kebutuhan ekonomi, sosial, dan budaya melalui peningkatan atau perbaikan infrastruktur, sarana & prasarana fasilitas sosial, ekonomi & kebudayaan, yang dilaksanakan secara bersama-sama atau gotong-royong, merupakan wujud dari kemanunggalan TNI dengan masyarakat dan Pemda Kabupaten Batu Bara, ujarnya.
 
Peningkatan kondisi jalan desa, kata dia, telah memberikan akses dan kemudahan bagi masyarakat, dalam meningkatkan produksi pertanian, pemasaran produk UMKM serta melancarkan arus perdagangan.
 
Kegiatan non fisik berupa dialog dengan masyarakat dan tokoh masyarakat, dilaksanakan dalam upaya menambah wawasan berfikir masyarakat, agar lebih terbuka dan maju, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
 
Letjen. TNI Sonny Aprianto mengatakan TNI harus betul-betul bisa menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat, jangan pernah sekali kali menyakiti hati masyarakat, rakyat adalah ibu kandung dari TNI.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan melihat proses penyuluhan posyandu, posbindu ptm dan stunting, menulis pesan & kesan oleh tim Wasev, serta melihat Musholla yang telah direhabilitasi.