TOBA - Adanya kritisi kebersihan dari Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves RI,Odo R Manuhutu yang menyoroti kebersihan di Kabupaten Toba khususnya di kawasan veneu F1H2O lapangan Sisingamangaraja XII Balige belum maksimal, mendapat respon dari sejumlah petugas kebersihan, Senin (4/3/2024). Respon ini disampaikan salah satu petugas kebersihan, Tiurmaida Gulo (56) menuturkan untuk menjaga kebersihan di kota Balige di pagelaran event F1H2O Lake Toba 2024 pihaknya harus bangun jam 03.30 pagi.

"Jam 04.00 Wib pagi kami sudah harus mulai bertugas melakukan kebersihan kota Balige ini," ujarnya.

Lanjutnya, selama pagelaran F1 Power Boat, pihaknya harus bekerja hingga tengah malam untuk memungut dan menyapu sampah yang ditinggalkan para penonton/pengunjung berserak di sekitar venue hingga seputaran Kota Balige.

"Pak selama even F1H2O digelar kami tetap bekerja dari pagi subuh, siang hingga malam. Janganlah kami dibilang tidak kerja. Tolonglah Pak, kami bekerja dengan setulus hati dan sekuat tenaga kami," katanya.

Senada dengan Tiurmaida Gulo teman satu kerjanya Jonsinto Sitio (55) juga mengaku sedih dengan pernyataan yang disampaikan Odo RM Manuhutu.

"Kami tiap hari kerja, mulai jam 4 pagi sampai jam 6 pagi, baru sorenya lagi sampai malam. Jadi kalau seandainya ada yang bilang kayak gitu kami ngeri perasaan kami, Pak," katanya.

"Gaji kami seberapalah, Pak. Kami hanya kerja setulus hati kami, Pak. Jadi kalau ada yang bilang kek gitu ngeri perasaan kami, Pak," katanya kembali memungut sampah untuk diangkut.