TOBA - Bupati Toba, Poltak Sitorus membantah adanya sampah yang berserakan saat pagelaran F1H2O di kawasan veneu F1H2O lapangan Sisingamangaraja XII Balige. "Kita sangat sangat kooperatif, tugas tugas kita, kita kerjakan dengan maksimal berikut anggaran kita, kita keluarkan.jadi kalau dibilang tidak kooperatif itu kurang pas," kata Poltak Sitorus, usai membuka pelaksanaan Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 dan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) 2025, Senin (4/3//2024).

Ia menilai, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves RI, Odo R Manuhutu yang menyoroti kebersihan di Kabupaten Toba khususnya di kawasan veneu F1H2O lapangan Sisingamangaraja XII Balige kurang maksimal, tidak benar.

Poltak mensinyalir, standart bersih pemda dengan yang mereka inginkan jauh daripada yang telah lakukan atau mungkin seperti Singapore, Jepang.

"Jadi kita yang saat ini, saya lihat sampah tidak ada dimana - mana, dari apa yang disampaikan mungkin bukan kesitu arah maksud tujuannya. Walaupun demikian kita tetap akan meningkatkan kebersihan kita kedepannya," sebutnya.

Poltak Sitorus juga menyampaikan terima kasih dan tidak menyalahkan para petugas kebersihan serta tak luput malah menyemangati mereka.

"Kita tidak anti kritik, kita terima kasih telah dikritik, tapi kritiknya juga harus disertai fakta. Katanya sampah dimana-mana, ya dimana? Harus ada faktanya juga," sambungnya dan mengapresiasi kinerja petugas kebersihan.

Sebagaimana daerah Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba dan telah menggelar even berkelas Dunia, ia mengajak masyarakat membudayakan budaya bersih dengan bekerja sebagai team petugas kebersihan dan bekerja secara bersama sama secara bergotong royong.

Terkait adanya ucapan dari Deputi Pariwisata Kemonko Merves melakukan evaluasi pemindahan lokasi even kepada daerah yang dianggap lebih kooperatif dan lebih siap mendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba, Poltak berharap kegiatan tetap dilakukan di Toba.

"Ya...kalau kita ih...oohhh... jangan....kenapa harus dipindahin dari sini, di Toba bagus kok...kecuali kita (Toba) mengatakan, ahh kami ngak mau itu disini...yang jelas kita tetap even itu tetap ada di Toba," sebutnya.