TOBA - Sebanyak 50 CCTV dipasang untuk memantau situasi keamanan, ketertiban masyarakat di beberapa titik gelaran F1 Powerboat (F1H20) Danau Toba. Hal ini diungkapkan Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, di pusat Komando (Command Center) posko utama kendali pengamanan F1 Powerboat (F1H2O) Lake Toba 2024, Sabtu (2/3/2024) sore.
 
"Di hari pertama pelaksanan F1 Powerboat, saya bersama Pemkab Toba, penyelenggara serta Satgas Operasi Kewilayahan F1 Powerboat telah melihat seluruh personel yang melaksanakan pengamanan dengan baik," katanya.
 
Ia menyebutkan Polda Sumut dan jajaran selama even digelar terus meningkatkan sistem pengamanan yang lebih efisien dan efektif dari sebelumnya tahun 2023 lalu. 
 
"Pola pengamanan F1 Powerboat 2024 yang dilakukan lebih mengedapankan sistem pengamanan berbasis teknologi yakni Face Recognition (deteksi wajah pelaku kriminal), pemasangan 50 CCTV pantau untuk memantau situasi kamtibmas di beberapa titik lokasi yang ditentukan serta penggunaan Sistem Operasional Terpadu (SOT)," terangnya.
 
Dengan pola pengamanan berbasis teknologi yang diterapkan lebih memudahkan masyarakat luas untuk mengakses event F1 Powerboat.
 
Kepolisian saat ini lanjutnya, dalam bekerja tidak hanya mengandalkan personalnya tetapi telah menggunakan teknologi. Sehingga apabila ada sesuatu hal pada event-event besar seperti F1 Powerboat melihat penting atau tidaknya dapat diolah dengan cepat serta perbaikan sarana kepada masyarakat yang membutuhkan. 
 
"Antusias masyarakat lokal benar - benar mendukung penuh acara internasional ini digelar di Kabupaten Toba. Ini dibuktikan dengan mendirikan tenda bagi wisatawan dan tidak ada sesuatu hal yang menonjol," ujar Irjen Pol Agung didampingi Karobinops Sops Polri Brigjen Pol Aulia serta anggota Kompolnas RI Yusuf.
 
Lebih lanjut disampaikannya, Polda Sumut dalam pengamanan F1 Powerboat Danau Toba berkolaborasi dengan Kodam I Bukit Barisan, Basarnas dan pemerintah daerah.
 
Tak hanya itu, Polda Sumut dalam mendukung keselamatan dan keamanan para peserta F1 Powerboat juga menggunakan teknologi terbaru dimana Dit Polairud menyiagakan kapal-kapal canggih untuk mengawal pelaksanaan olahraga air ini untuk tetap berjalan kondusif.
 
Mantan Asops Kapolri ini juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan Aplikasi Super Apps Polri melalui handphone berbasis android atau Call Center 110.