PALAS - Pj. Bupati Padanglawas(Palas) Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP., M.Si menerima audiensi Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Palas.

Kepala BPS Kabupaten Palas, Oliver Bobby R. Simarmata, SST, M.Si diterima PJ Bupati Palas, di ruang kerjanya,Kamis (29/2/2024).

Dipertemuan tersebut, Pj. Bupati Palas,Edy Junaedi meminta, masukan terkait data-data yang dibutuhkan untuk menunjang investasi di Kabupaten Palas dari berbagai sektor.

Ia berharap, BPS Kabupaten Palas terus memberikan insight melalui data-data statistik yang tersedia agar arah pembangunan di Kabupaten Palas dapat berjalan pada koridor yang tepat.

Pj. Bupati Palas, berkomitmen untuk mengembangkan iklim usaha di Kabupaten Palas dengan membuka peluang investasi yang lebih luas untuk mendongkrak perekonomian di daerah setempat.

Kepala BPS Palas menjelaskan, salah satunya terkait Indeks Perkembangan Harga (IPH) sebagai proxy inflasi sebagai alat untuk memonitor perkembangan inflasi di Kabupaten Palas .

"Seperti kenaikan harga beras dan bahan pokok lainnya yang menjadi salah satu perhatian dari Pj. Bupati Palas saat ini," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPS didampingi oleh para Ketua Tim yang menangani data statistik dari berbagai sektor juga memberikan penjelasan, kepada Pj. Bupati Palas mengenai kondisi dan indikator makro terkini di Kabupaten Palas.

Ditambahkan,pada tahun 2023 Kabupaten Palas mencatatkan pertumbuhan tertinggi ke-dua di Provinsi Sumatera Utara dengan tumbuh sebesar 5,14% dari tahun 2022.

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Palas,lanjutnya, ini masih ditopang oleh sektor pertanian dengan sumbangsih sebesar 51,41% diikuti sektor industri pengolahan dengan kontribusi terhadap PDRB sebesar 16,52% dan sektor Konstruksi di posisi ketiga dengan kontribusi sebesar 15,11%.

Selain data terkait perekonomian,Tim BPS juga memaparkan data-data sektor pertanian, sosial budaya, serta gambaran iklim investasi di Kabupaten Palas.

"Kami memohon dukungan Bapak PJ Bupati dalam kegiatan pembinaan statistik sektoral yang sedang dijalankan oleh BPS dengan melakukan roadshow ke OPD-OPD yang ada di Kabupaten Palas," harap Oliver Bobby R. Simarmata, SST, M.Si.

Diakhiri audensi tersebut, pihak BPS Kabupaten Palas menyerahkan beberapa Buletin Berita Resmi Statistik (BRS) serta kompilasi indikator strategis dalam bentuk data series yang telah dirilis oleh BPS.