PADANGSIDIMPUAN - Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan menggelar seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka. Seleksi ini akan digelar mulai tanggal 26 Februari s/d 2 Maret 2024.

Calon Paskibraka ini diseleksi dari siswa/siswi kelas X dari tingkat SMA sederajat. Jumlah siswa yang akan diterima setelah ditest sebanyak 55 orang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Padangsidimpuan, Iswan Nagabe Lubis, berharap kepada peserta seleksi untuk tetap bersikap optimis, bagaimana pun hasil ujiannya nanti.

"Kepada anak-anak kami, berjuanglah terlebih dahulu, kalah ataupun menang itu adalah hal yang biasa," pesannya, di Aula Kantor BPSDM Padangsidimpuan, Selasa (27/2/2024).

Sementara itu, Kepala Bidang Wawasan Kebangsaan dan Politik, Else Mariani Simanjuntak, menyampaikan hasil seleksi berjalan dengan sukses dengan parameter tingginya passing grade yang diraih oleh peserta.

"Saya sebagai orang tua berharap anak-anak penerus bangsa ini bisa lulus agar bisa kita kirim ke pusat," harapnya.

Adapun test yang diberikan berupa test online yang terdiri dari wawasan kebangsaan dan intelegensi umum, test kesehatan dan parade, test Peraturan Baris Berbaris, test kesamaptaan dan terakhir wawancara.

Siswa-siswi yang lulus seleksi akan dibina untuk menjadi pasukan pengibar bendera di Pemerintah Kota Padangsidimpuan.

Sepasang pasukan pengibar bendera yang terpilih akan dikirimkan ke tingkat Provinsi Sumatera Utara sebagai delegasi Kota Padangsidimpuan.***