ASAHAN - Di Kabupaten Asahan masih memiliki potensi untuk mengembangkan budidaya ikan air tawar sebagai salah satu usaha produktif masyarakat. Menyadari hal tersebut, PT Inti Palm Sumatra (PT. IPS), salah satu perusahaan perkebunan swasta di Kabupaten Asahan mendukung pengembangan potensi tersebut.

Dalam mendukung sektor perikanan air tawar ini akan dijadikan sebagai kegiatan usaha produktif masyarakat, dengan itu, PT. IPS menyerahkan bantuan pembiayaan secara simbolis kepada masyarakat yang diserahkan oleh Riduan selaku perwakilan perusahaan yang diikuti oleh perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Asahan beserta Forkopimcam Buntu Pane dan Simpang Empat, Selasa (20/2/2024).

Riduan mengatakan, Pembiayaan Kegiatan Usaha Produktif Sektor Air Tawar tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) PT. Inti Palm Sumatera Fase 1.

Untuk saat ini, pihaknya menyalurkan pembiayaan usaha produktif di bidang perikanan air tawar untuk pertama kali kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mekar Jaya di Desa Sei Silau Timur dan Pokdakan Cahaya Kuala Asahan di Desa Sei Dua Hulu.

"Kami berharap pembiayaan yang diberikan dapat digunakan dengan baik dalam membantu pengembangan usaha," ungkap Riduan yang didampingi Penasehat Hukum Sumantri dan Legal J. Bancin.

Sementara itu Suparman selaku penerima manfaat dari program yang dilaksanakan PT. IPS mengucapkan terimakasih dan akan memanfaatkan pembiayaan tersebut dalam melakukan pengembangan budidaya ikan air tawar.

"Terima kasih, kami akan lebih fokus lagi untuk pengembangan sektor perikanan air tawar," ungkapnya.

Begitu pula dengan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan Umar Simangunsong memberikan apresiasi kepada PT. IPS dan berharap langkah yang diambil oleh perusahaan perkebunan itu bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Asahan sebagai bentuk kewajiban perusahaan melalui Program FPKM.

"Kami berharap kegiatan ini bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Asahan," harap Simangunsong.

Pada hari yang sama PT. Inti Palm Sumatra (PT. IPS) juga melakukan Acara Seremonial Penanaman Perdana Kebun Plasma PT. IPS, Kebun Plasma ini merupakan Program Kerjasama antara Koperasi Harapan Baru Bersama Sei Kepayang dengan perusahaan.

Acara seremonial tersebut turut dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Asahan beserta Forkopincam Sei Kepayang.

Dalam sambutan acara tersebut, Kades Perbangunan Arinton Sihotang sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena memberikan efek positif bagi masyarakat khususnya Masyarakat Desa Perbangunan.

“Penanaman Perdana ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) PT. Inti Palm Sumatra Fase 2, kami harap dengan terwujudnya Kebun Plasma PT. IPS ini dapat memberikan manfaat yang positif,” ungkap Edi selaku perwakilan perusahaan disela-sela Acara Seremonial Penanaman Perdana Kebun Plasma PT. IPS.