PALAS - Musyawarah Rencana Pembangunan(Musrenbang)tingkat kecamatan untuk zona I meliputi lima kecamatan di pusatkan di Kecamatan Barumun Selatan.

Kelima kecamatan yang mengikuti musrenbang tersebut antara lain,Kecamatan Barumun Selatan, Barumun, Ulu Barumun,Barumun Baru dan Sosopan,di Aula Kantor Camat Barumun Selatan ,Rabu(21/2/2024).

Pj.Bupati Padanglawas, Dr.Edi Junaedi,S.STP, M.Si diwakili Asisten III, Drs.H.Amir Soleh Nasution mengatakan, proses penyusunan rencana pembangunan daerah perlu dilakukan koordinasi antar Instansi pemerintah dengan mengikuti sertakan partisipasi masyarakat sebagai objek dan subjek pembangunan.

Oleh karena itu,katanya,semua usulan desa harus berdasarkan skala prioritas kebutuhan yang menyentuh kebutuhan masyarakat akan diteruskan kepada perangkat daerah sesuai kewenangannya untuk lebih mendalam dan menjadi masukan dalam penyusunan rencana kerja (Renja) perangkat daerah.

“Usulan setiap desa harus berdasarkan skala prioritas kebutuhan. Bukan berdasarkan keinginan. Usulan yang ada harus dapat menyentuh seluruh masyarakat," katanya.


Amir Soleh menambahkan, partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator melalui forum musrenbang.


Melalui forum ini, sanbungnya, kita akan bersama-sama mencapai solusi terhadap permasalahan yang terjadi di wilayah masing-masing.

Camat Barumun Selatan mewakili Camat Gabungan 5 Kecamatan, Abdul Hakim Hasibuan S.Pd mengatakan, pembangunan merupakan suatu proses transformasi perubahan yang dilakukan untuk mencapai suatu keadaan yang lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena itu, keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah. Sehingga pelaksanaan musrenbang merupakan kelanjutan proses musrenbang di masing-masing desa yang telah dilaksanakan pada tahun 2003 lalu.

Dikegiatan musrenvang dirangkai dengan diskusi serta mendengarkan seluruh usulan dari para kepala desa dari setiap kecamatan.

Hadir dikegiatan musrenbang tersebut, Bappeda, Dinas PU, Dinas Dikdasbud, Camat, Polsek Barumun, Danramil 08 Barumun, para Kepala Desa dari 5 Kecamatan.