PADANGSIDIMPUAN - Guna meningkatkan mutu pendidikan di Kota Padangsidimpuan, Pj Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 200503 Pijorkoling, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, pada Jum'at (15/2/2024).

Dikatakan Letnan, kunjungan mendadak ini tanpa ada pemberitahuan sama sekali, karena ingin melihat bagaimana kondisi sebenarnya, mulai dari disiplin guru dan murid, proses belajar mengajar, termasuk gedung dan sarana prasana di sekolah tersebut.

"Kunjungan ini sengaja kita lakukan tanpa sepetahuan siapapun, dan dengan begini kita dapat melihat bagaimana kondisi sebenarnya sekolah ini, tentang disiplin, proses belajar mengajar dan juga sarana dan prasarana di sekolah ini," ungkapnya.

Dalam kunjungan Pj Wali Kota ini, ternyata masih banyak yang perlu dibenahi, mulai dari disiplin dan lingkungan yang kurang bersih, pagar sekolah yang rusak hingga informasi dasar seperti data keadaan guru yang tidak tersedia di sekolah tersebut.

"Intinya kita harus segera benahi mutu pendidikan di kota kita ini, karena pilar utama untuk memajukan pembangunan tidak lepas dari kualitas SDM yang dilahirkan dari mutu pendidikan yang baik," pungkas Letnan.

Ianya juga mengungkapkan, bahwa kunjungan-kunjungan seperti ini akan sering ia lakukan.

"Kita akan lebih sering melakukan kunjungan seperti ini, melihat kemudian memahami dan membenahi, apalagi sekarang dengan informasi yang semakin luas, siswa sekarang cenderung lebih kritis, dan berani berpendapat," ujarnya.

"Oleh karena itu, saya juga berharap sekolah dapat fokus pada pendidikan karakter," tambahnya.

Dikesempatan itu, Pj Wali Kota Letnan Dalimunthe juga menyempatkan diri mengajar siswa/siswi di sekolah itu dan kemudian melakukan peninjauan disetiap kelas dan lingkungan sekolah tersebut.***