PALAS - Pj Gubsu, Dr. Hassanudin mendukung pengembangan ternak sapi di Kabupaten Padanglawas (Palas) untuk memenuhui kebutuhan daging. Hal itu disampaikan Hassanudin saat bertemu dengan para kepala desa, masyarakat, tokoh masyarakat, guru, dan kepala sekolah di Gedung Olahraga (Gor) Palas Bercahaya, Sibuhuan, Selasa (30/1/2024).
 
Menurutnya, Palas memiliki banyak potensi dalam pengembangan sapi untuk mendorong perekonomian masyarakat. 
 
Untuk itu, lanjutnya, Pemprov Sumatera Utara akan mendukung pengembangan peternakan di Kabupaten Palas sesuai dengan kondisi potensi alamnya yang cukup menjanjikan.
 
Hassanudin menjelaskan, saat ini produksi sapi di Sumut defisit sekitar 23.000 ton atau setara 180.000 ekor sapi.
 
Untuk mendukung pengembangan sentra sapi di Palas katanya, Pemprov Sumut akan memberi dukungan iseminasi buatan.
 
Tidak hanya peternakan, Palas juga memiliki areal pertanian dan perkebunan yang menjadi potensi ekonomi.
 
"Daerah Kabupaten Palas ini, memiliki sistem sosial yang telah mengakar secara turun menurun dan tetap menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan silaturahmi," ujarnya.
 
Dikatakan, sistem sosial tersebut melengkapi modal sumber daya yang dimiliki masyarakat agar dapat hidup rukun, damai, produktif serta sejahtera.
 
Dikesempatan itu, Pj Gubsu  mengajak, elemen masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat atau lebih dikenal dengan Poda Na 5.
 
Poda 5 tersebut, telah ditunjukkan leluhur masyarakat setempat, yang telah mempraktekkan pola hidup tersebut sscara turun temurun didaerah ini, katanya.
 
Ia mengharapkan, kerja sama dan sinergi semua pihak termasum Pemkab Palas dan tokoh masyarakat untuk meningkatkan pembangunan yang berkelanjutan untuk mewujudkan kemajuan daerah.
 
"Pembangunan sektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan demi kesejahteraan rakyat, kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Pemerintah  Pemprov Sumut akan terus mendukung dan mendorong program-program daerah yang  bertujuan kesejahteraan  warga Palas, " tambahnya.
 
Sementara itu, Plt Bupati Palas, drg.H. Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH  mengapresiasi, perhatian yang telah diberikan Pemprov Sumut tersebut.
 
Salah satu yang diapresiasinya, katanya, proyek pembangunan jalan multiyears yang dilakukan di Palas sehingga sarana dan prasarana infrastruktur semakin baik dan mendukung kelancaran transportasi umum.
 
Ia mengatakan, progres pembangunan jalan multiyears di Palas telah mencapai 95%. Dari proyek tersebut, Palas mendapat kucuran dana sebesar Rp225 miliar untuk membangun jalan sepanjang 34 km.
 
“Masyarakat Palas berterima kasih dan bersyukur, ini perhatian Pemprov Sumut,” tuturnya.
 
Turut hadir dikegiatan pertemuan itu, Pj Bupati Padanglawas Utara, Patuan Rahmat Syukur Hasibuan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Agus Tripriyono, Kepala Bappelitbang Sumut, Hasmirizal Lubis, Kepala BKAD Sumut, Ismael Sinaga, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit, dan sejumlah Pimpinan  OPD Pemprov Sumut.