PALAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara (Putungsura) Pemilu tahun 2024, bertempat di  Gedung Olahraga Bercahaya Sibuhuan, Sabtu (27/1/2024). Ketua KPU Palas, Indra Syahbana Nasution, SH, MH mengatakan, kegiatan simulasi putungsura yang dilaksanakan oleh PPK, PPS, KPPS juga dihadiri saksi diharapkan dapat memberi edukasi tentang tata cara pencoblosan di TPS nantinya pada hari H pemilu.

"Kegiatan simulasi untuk memberi pengetahuan bagi KPPS dalam mensukseskan pemilu serentak 2024 di Kabupaten Palas,” kata Indra Syahbana.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu, Rahmat Habinsaran Daulay mengatakan, kegiatan simulasi diawali pengambilan sumpah bagi KPPS yang bertugas di TPS.

"Simulasi putungsura hari ini, tidak jauh beda dengan Pemilihan Umum sebelumnya," terangnya.

Dikatakan, di kegiatan simulasi ini juga dilanjutkan dengan pembukaan kotak suara dalam kondisi disegel dan dengan perhitungan jumlah kertas suara mulai DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi, DPRD Kabupaten dan surat suara Calon Presiden dan Cawapres.

Rahmat Habinsaran menjelaskan, di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah diatur tata tertib dan waktu pencoblosan mulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB. Warga yang memiliki hak suara dapat mencoblos di bilik suara.

Kegiatan simulasi hari ini, lanjutnya, berlangsung lancar dan kondusif. Intinya, mayoritas pemilih sudah mengerti saat pelaksanaan putungsura TPS.

“Tadi itu, para pemilih tidak kita breafing sama sekali. Tapi, mayoritas mereka sudah paham semua.Mulai dari cara mengantre berjalan tertib," katanya.

"Pemilih sudah banyak yang paham dan mengerti dengan menunggu satu per satu pemanggilan nomor. Tentu suasana di TPS sangatlah kondusif. Hasil ini nanti kita bawa ke rapat pleno,” tandasnya.