PALAS - Sanggar Seni Budaya Kelompok Barokah Desa Pir Trans Sosa III B menerima
bantuan kearifan lokal dari Kemensos RI.

Bantuan berupa peralatan seni tersebut diserahkan Kepala Desa,di Aula Kantor Kepala Desa Pir Trans Sosa,Selasa(23/1/2024) kepada Ketua Sanggar Kelompok Seni Barokah,Idham Khalid Nasution.

Kepala Desa Pir Trans Sosa III B, Bahamad Pardamean, SE mengatakan, bantuan Kemensos RI tersebut telah diterima oleh kelompok sanggar seni Barokah.

"Bantuan ini dalam rangka meningkatkan semangat kearifan lokal yang merupakan bagian dari adat istiadat lokal yang terus dibudayakan dari beragam suku," katanya.

Dikatakan, hal ini mencerminkan Indonesia adalah negara multi etnis, agama, ras dan golongan, kebhinekaan merupakan realitas bangsa Indonesia yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya.

Kata Pardamean, bantuan kearifan lokal Kemensos RI tersebut yang nilainya mencapai Rp 50 juta yang diperuntukan ke Sanggar Seni Budaya Kelompok Barokah Desa Pir Trans Sosa III B,Kecamatan Hutaraja Tinggi,Kabupaten Padanglawas(Palas).

"Bantuan ini diberikan dengan tujuan membantu melestarikan kesenian budaya, mencegah konflik sosial dan meningkatkan ketahanan masyarakat," ujarnya.

Selain itu,lanjut Pardamean, mekanisme pengajuan bantuan dilakukan oleh Pemerintah Desa melalui Kepala Dinas Sosial Kabupaten Palas dan rekomondasi Pemprovsu untuk diusulkan ke Kemensos RI.

Ditambahkan, selain bantuan peralatan seni budaya,bantuan tersebut juga digunakan untuk penunjang penguatan ekonomi berupa alat cuci kendaraan roda dua dan empat lengkap.

Dengan adanya bantuan usaha cucian motor dan mobil,ia berharap, dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan bagi Sanggar Seni Budaya Kelompok Barokah agar mampu mendanai biaya transportasi dan biaya lain untuk setiap kegiatan.

"Semoga melalui sanggar ini,para generasi muda akan lebih mencintai dan melestarikan seni budaya adat jawa serta mampu mencegah konflik sosial," pungkasnya.