LANGKAT - 121 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 dilantik.


Pelantikan berlangsung Senen (22/01/2024) di gedung serbaguna jln Bani Hasyim kelurahan Pekan Bahorok.

Ketua Panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (Panwaslucam) Bahorok Menanti Ginting SE memaparkan 121 PTPS ditempatkan di masing-masing TPS pada Pemilu serentak pada 14 Februari mendatang.

121 PTPS akan mengawasi pemungutan dan perhiitungan suara di 121 TPS tersebar di 19 desa/kelurahan untuk mengawasi proses pemungutan dan perhitungan suara di TPS.

PTPS, akan berkordinasi dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS dan melaporkan hasil pengawasan ke Panwaslucam secara berjenjang melalui Pengawas Kelurahan Desa (PKD) ujar Ginting.

Dikatakannya pengawas pemilu mesti cekatan, berani mengambil sikap dan lakukan pengawasan di wilayah kerja.

"Kita akan melakukan patroli malam secara serentak dan patroli pengawasan kampanye," ujarnya.

Camat Robby Deritawan Sitepu MSP diwakili Andri Anshari Tarigan usai pelantikan mengatakan PTPS merupakan ujung tombak penyelenggara pemilu bidang pengawasan.

"Kiranya jajaran pengawasan menjalankan tugas sesuai amanat undang-undang tanpa dipengaruhi pihak lain. Sehingga proses pemilu tetap kondusif sesuai harapan," ujarnya.

Kapolsek Bahorok AKP Doni Gunawan SH pada sambutannya mengatakan jalin kordinasi dengan segenap elemen masyarakat sehingga pemilu berjalan lancar dan damai.

Bilang kapolsek lagi, selaku penanggung jawab keamanan pihaknya meminta jajaran pengawas senantiasa berkordinasi dengan personilnya di tingkat desa yakni Bhabinkamtibmas.

Senada di sampaikan Danramil 06 Kapt inf Hendro, mengatakan selamat bertugas sebagai penyelenggara pemilu di bidang pengawasan.

TNI, Netral dalam pesta demokrasi/pemilu sesuai ketentuan hal itu sudah harga mati tegasnya.

Selanjutnya komisioner Panwaslucam, Diah Ratnasari S Komp dan Muhammad Ibrahim SS menggelar bimbingan teknis (bimtek) perdana kepada PTPS.

Hadir saat pelantikan kepala sekretariat (kasek) Tugianto SE serta staf. Rohaniawan ustad Ansari, dkn Masta br Tarigan SKep ners, Masang Sembiring tokoh merga silima, Sidin, puja Kesuma.

Peserta PTPS juga mendapatkan rompi, topi serta bat name yang dibagikan Panwaslucam.