MEDAN– Dalam Bahasa Indonesia Master of Ceremony (MC) diartikan sebagai pembawa acara yang merupakan sebuah profesi atau keterampilan dari seseorang untuk memandu sebuah acara.
Memiliki tugas yang tidak mudah, MC harus bisa mengatur waktu, berdialog, menghidupkan suasana, serta dapat menghadirkan vibes yang sesuai dengan konsep acara. 
Barometer kesuksesan sebuah acara bahkan dapat dinilai dari peran seorang MC yang dapat membawa penonton larut dengan acara yang dipandunya. Sebuah acara akan kurang baik bahkan kurang berkesan apabila MC tidak mampu membawanya secara baik sehingga acara yang dibawakan MC akan dinilai tidak sempurna. 
 
Menjadi seorang MC profesional biasanya dilatar belakangi dengan pendidikan ilmu komunikasi atau setidaknya sering mengikuti kelas public speaking. Banyak MC professional yang sukses dengan latar belakang atau pengalaman sebagai seorang penyiar radio, lulusan ilmu komunikasi, pernah ikut di ajang-ajang pencarian bakat, atau aktif di organisasi - organisasi yang membuat terbiasa berbicara di depan khalayak ramai. 
 
Namun itu semua tidak dijalani oleh Khairul Amri Tanjung yang mempunyai nama panggung Khairul Tan. Memulai perjalanan karir sebagai master of ceremony di pertengahan tahun 2016 hingga saat ini, Khairul Tan yang lulusan ilmu Tekhnik Informatika memegang prinsip “Ilmu dapat di cari, Bakat bisa terus di asah “ membuat Khairul Tan sukses menjadi Profesional MC di Kota tempat ia dibesarkan yaitu Medan.
 
Mulanya pria kelahiran Padang Pariaman ini menyadari bahwa ia mempunyai kesempatan menjadi MC adalah ketika banyak orang-orang disekelilingnya memuji karakter suara yang ia miliki. Banyak yang menyarankan Khairul Tan untuk menjadi seorang penyiar radio, reporter, MC, bahkan penyanyi dengan modal suara berat atau suara “ngebas” yang ia miliki. 
 
Dengan latar belakang itu, Khairul Tan yang sudah mandiri sejak dibangku perkuliahan mulai berfikir untuk memanfaatkan suara khasnya sebagai wujud rasa syukur ke Sang Pencipta, Khairul Tan mulai belajar dan memberanikan diri menjadi seorang MC. 
 
Semua bermula ketika Khairul Tan diminta memandu acara Silaturrahmi Forum Komunikasi Alumni ESQ 165 yang di hadiri oleh Bpk Ary Ginanjar Agustian sebagai founder ESQ dan Gubernur Sumatra periode 2015 -2018, Bpk Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si. 
 
Setelah itu Khairul Tan diminta salah seorang temannya untuk menjadi MC di pernikahan dimana kala itu adalah momen perdana Khairul Tan membawakan acara pernikahan. Bermodal belajar dari youtube , Khairul Tan memberanikan diri dan berhasil membawa seluruh rangkaian acara dengan baik. 
 
Beranjak dari pengalaman itu, Khairul Tan mulai merasakan enjoy dan ketagihan untuk berbicara didepan umum. Saat itu upah yang diterima hanya 400ribu rupiah, untuk seterusnya Khairul Tan terus mencoba memberanikan diri untuk menerima job MC walau ada juga yang tidak dibayar. 
 
Namun itu semua membuahkan hasil ketika seiring berjalannya waktu, nama Khairul Tan mulai dikenal dan mampu meraup belasan hingga puluhan juta rupiah perbulan. 
 
Pengalaman MC yang sangat berkesan adalah ketika Khairul Tan membawakan acara seorang Novelis idolanya yaitu H. Habiburrahman El Shirazy, seorang novelis ternama Indonesia dengan novel-novel terkenalnya yang salah satunya adalah Novel Ayat-Ayat Cinta pada 2016. 
 
Khairul Tan juga pernah membawakan acara yang menghadirkan sosok Hamas Syahid Izzuin, aktor serta seorang Hafiz Al Quran sebagai bintang tamu di tahun 2017. Tidak hanya itu, Khairul Tan juga berkesempatan 1 panggung bersama Diva Indonesia, Krisdayanti pada 2022 lalu dimana Khairul Tan membawakan acara yang menghadirkan KD bahkan diajak duet oleh Diva yang masih sangat hits hingga saat ini. 
 
Tahun ini 2023, membuat Khairul Tan semakin bersyukur karena kembali diberi kesempatan untuk manggung bersama artis ternama yaitu Syifa Hadju. Puluhan event dan ratusan acara pernikahan sudah dibawakan oleh Khairul Tan hingga saat ini, tentunya ini membuat Khairul Tan merasa layak di beri predikat sebagai Profesional Master of Ceremony. 
 
Berbekal doa seorang Ibu dan keluarga serta tetap terus menjadi pribadi yang rendah hati juga modal bagi seorang Khairul Tan bertahan di dunia entertainment kota Medan. 
 
Khairul Tan yang kerab membuat konten kebersamaannya dengan Ibu dan keluarganya ini cukup dikenal sebagai sosok yang sangat sayang dengan keluarga bahkan teman-temannya. Saat ini Khairul Tan juga tergabung kedalam Himpunan Pembawa Acara Pernikahan (HIPAPI) Indonesia, dan menjadi pengurus untuk HIPAPI DPW Sumatra Utara. 
 
"Ilmu itu bisa terus kita pelajari, apa lagi di era digital seperti sekarang ini. Saya banyak belajar dr konten-konten yang ada di youtube, tiktok dan juga Instagram. Sampai saat ini saya masih terus belajar karena saya mencintai profesi saya sebagai MC. Kita semua pasti memiliki bakat yang sudah di anugerahi oleh Allah SWT, kita harus bertanggung jawab akan hal itu dengan terus mengasahnya maka perbanyak jam terbang dan teruslah berproses. Segala hal yang kita lakukan dengan hati, maka akan sampai ke hati “, tutup Khairul Tan.