PALAS - Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) salurkan dana bea siswa kepada 1.037 siswa berprestasi. Bea siswa bagi siswa berprestasi disalurkan di tiga titik zona mencakup Eks Kecamatan Sosa, Eks Barumun dan Eks Barumun Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, Hj Rosida Wati Suriani, melalui Kabid Dikdas,Ahmad Damhuri mengatakan, dari 1.037 siswa berprestasi yang bantuan bea siswa untuk tingkat SD dan MI serta SMP dan MTs se Palas.

Ia merincikan, siswa SD yang menerima bantuan bea siswa sebanyak 573 siswa, Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 30 siswa.

Sedangkan untuk tingkat SMP sebanyak 230 siswa dan Madrasah Tsanawiyah Negeri dan swasta sebanyak 204 siswa,terang Damhuri.

Kata Damhuri, untuk tingkat SD dan MI menerima bantuan bea siswa berprestasi sebesar Rp 500 ribu persiswa. Sedangkan tingkat SMP dan MTs untuk juara 1 menerima bea siswa sebesar Rp 335 ribu persiswa dan juara 2 menerima Rp 200 ribu persiswa.

"Total jumlah keseluruhan bantuan bea siswa yangbdisalurkan kepada siswa berprestasi sebesar Rp 417.559.000," ujar Kabid Dikdas Disdikbud Palas, Jumat (29/12/2023).

Dana bantuan tersebut disalurkan ke siswa berprestasi untuk zoan eks Kecamatan Sosa bertempat di SMP N 1 Sosa dan zona eks Barumun bertempat di SMP N 1 Barumun dan eks Barumun Tengah bertempat di SD N 0201 Pasar Binanga.

"Penyaluran bantuan bea siswa berprestasi perzona dilaksanakan mulai Selasa dan berakhir Kamis (28/12/2023) di tiga titik lokasi sekolah," imbuhnya.

Menurut Damhuri, sudah menjadi komitmen Disdikbud Palas untuk memberi penghargaan kepada pelajar berprestasi sebagai motivasi.

Dijelaskannya lagi, bagi pelajar SMP dan MTs juara 1 menerima sebesar Rp 335.000 dan juara 2 mendapatkan Rp 200.000 dari masing-masing sekolah penerima bantuan bea siswa berprestasi.

Oleh karena itu, ia meminta para siswa penerima bantuan bea siswa berprestasi untuk memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik yang berkaiatan dengan keperluan pendidikan.

"Terus tingkatkan dan pertahankan prestasi yang diraih untuk lebih giat belajar, sehingga melahirkan siswa yang berkualitas dan kedepan menjadi generasi emas," pungkasnya.