TAPTENG - Seratusan massa kontra Pj Bupati dari Gerakan Lintas Pemuda Ormas Mahasiswa dan Masyarakat Tapteng, menggelar aksi di Kantor DPRD dan Bupati Tapteng, Rabu (27/12/2023). Orator aksi, Amin Jemayol menegaskan, mewakili DPD IPK Tapteng, meminta kepada DPRD Tapteng untuk memanggil dan membuat RDP terhadap Pj Bupati Tapteng. 

Kemudian melakukan evaluasi dan meminta kepada Mendagri untuk mencopot Sugeng Riyanta sebagai Pj Bupati Tapteng.

“Sebagai Pj Bupati, jadilah penyejuk, sebagai ayah bagi ASN di Tapteng. Bukan malah menakuti dan melakukan intervensi. Kalau ada SKPD yang bersalah, sampaikan kepada aparat penegak hukum, ada polisi, ada jaksa, jangan intervensi dan jangan ditakuti. Anda berada di Tapteng sebagai Pj Bupati, bukan sebagai jaksa,” kata Amin Jemayol.

Dijelaskan, dalam aksi demo tersebut, pihaknya sengaja membawa massa hanya sedikit saja, karena dibatasi oleh pimpinan untuk tidak bisa membawa massa yang banyak.

“Bukannya kami tak sanggup menghadirkan massa 10.000 orang. Bahkan 15.000 pun kami siap mendatangkannya. Tetapi kami dibatasi oleh pimpinan kami, untuk menjaga kekondusifan di Tapteng,” katanya.

Pada aksi itu, Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu, datang menemui para demonstran dan langsung naik ke atas mobil. Pihaknya menyambut aksi demo masyarakat tersebut. 

Pihaknya menyambut baik aksi tersebut yang menurutnya telah menyuarakan kebenaran, untuk memberantas kezaliman yang ada di Tapteng. 

“Ini tahun politik, saya mengajak untuk mengajak kondusifitas keamanan. Terima kasih, kami DPRD tidak sendirian, tapi didukung masyarakat,” kata Khairul Kiyedi Pasaribu seraya mempersilakan perwakilan demonstran masuk ke gedung dewan.

Setelahnya, massa kontra Pj Bupati tersebut juga menggelar aksi serupa di depan Kantor Bupati Tapteng. Para orator aksi secara bergantian menyampaikan poin-poin yang sama ketika berorasi di Kantor DPRD Tapteng.

Aksi demonstrasi tersebut mendapat pengawalan ekstra ketat dari petugas gabungan TNI, Polri, Satpol PP, yang terlihat bersiaga sejak pagi hari di setiap persimpangan jalan menuju kawasan Kantor Bupati dan DPRD Tapteng.

Kapolres Tapteng, AKBP Basa Emden Banjarnahor yang memimpin langsung pengamanan tersebut juga menyempatkan diri menemui para demonstran di gerbang Kantor Bupati Tapteng.

AKBP Basa Emden Banjarnahor berpesan kepada para demonstran untuk tetap menjaga situasi keamanan yang kondusif.

Sebelumnya, saat memimpin apel siaga pengamanan, Kapolres AKBP Basa Emden Banjarnahor juga meminta kepada personel yang disiagakan untuk melaksanakan tugas dengan humanis. 

“Usahakan jangan terpancing, serta tersulut emosinya. Kita utamakan tindakan persuasif, sehingga masyarakat bisa menyampaikan aspirasi dengan baik,” katanya.