TOBA - H-5 Tahun Baru 2024, kepadatan arus lalu lintas di Jalinsum sepanjang Kabupaten Toba, mulai ramai dan mengular. Tampak di beberapa titik seperti di Porsea kenderaan mulai merayap bak semut. Untuk mengamankan arus mudik lalulintas ini, sebanyak 185 personil gabungan dari Polri, TNI dan Instansi terkait diturunkan untuk mengamankan Nataru. Sesuai perencanaan dan penugasannya pengamanan berlangsung selama 14 hari, mulai dari 21 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.
 
Polres Toba dibawah komando AKBP Wahyu Indrajaya,S.H,S.I.K mendirikan 2 pos terpadu di dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Muliaraja Balige.
 
Selain itu ada 4 pos pelayananan (Pos Yan) masing-masing di Pos Yan Simpang Jangga Dolok, Pos Yan Baypass Tambunan, Pos Yan Baypass Longat dan Pos Yan SPBU Lagu boti.
 
Kemudian 5 pos pengamanan (Pos PAM) di Simpang Sibisa, Porsea, Simpang Silimbat, Laguboti dan Balige.
 
Kapolres Toba melalui Kasi Humas Polres Toba AKP Bungaran Samosir mengungkapkan mendekati Tahun Baru, kepadatan arus sudah mulai terlihat pada hari ke 7 Ops Lilin Toba 2023. 
 
Bungaran juga menuturkan personil gabungan melakukan pemantauan pengaturan arus lalu lintas terutama di sejumlah pasar tradisional sejak menjelang Natal dan Tahun Baru
 
Harus dipastikan bahwa arus lalu lintas berjalan lancar. Sebab biasanya akan ada tumpukan kendaraan oleh karena berjubelnya kendaraan. Makanya pengaturan arus lalu lintas menjadi sangat penting, tuturnya
 
Polres Toba akan mengerahkan seluruh kemampuan personil yang tersedia. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lancar serta aman kepada masyarakat terutama saat mengunjungi dan melintas di pasar tradisional, imbuhnya 
 
Ia menyebutkan Polres Toba dan jajaran akan mengerahkan seluruh kemampuan personil yang tersedia. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lancar serta aman kepada masyarakat terutama saat mengunjungi dan melintas di pasar tradisional.
 
Pantauan www.gosumut.com di lapangan, seluruh personil Polres Toba bersama personil tim gabungan lainnya proaktif memberikan arahan dan petunjuk kepada para pengguna jalan yang melintas di Pasar Porsea.