Tapteng - Rekaman diduga suara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Tengah, Herman Suwito, beredar di dunia maya. Dalam rekaman, terdengar suara seseorang sedang memberikan arahan dalam sebuah ruangan yang tidak diketahui lokasinya. Pertemuan diduga terjadi pada tanggal 13 November 2023, dan dihadiri Pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa. Suara yang diduga Sekda Tapteng itu meminta seluruh yang ada dalam ruangan untuk memenangkan salah satu partai peserta pemilu.

"Karena kita telah bersepakat sebelumnya, kita akan setia, kita akan sehidup semati, kita akan bersama. Sampai dengan saat ini, terima kasih bapak ibu sekalian, bapak ibu camat, kepala desa, lurah, para pimpinan OPD, loyal," koar suara dalam rekaman.

"Jangan gara-gara nanti ada masuk, kita berubah, jangan. Siap ya pak," sambung suara dalam rekaman, yang dijawab dengan kata 'siap' dari banyak suara lain.

Diduga pengertian dari 'ada yang masuk' adalah Pj Bupati baru, yang mana saat itu beredar issu Pj Bupati lama akan diganti. Hal ini diperkuat dengan suara dalam rekaman yang mengaku tidak mengetahui warna yang bakal masuk.

"Sampai dengan saat ini saya ngak tau warnanya apa. Bakal masuk ini warna apa, saya tidak tau. Yang pasti, saya sampaikan kepada bapak ibu sekalian, tolong ingatkan juga bapak ibu sekalian di masing-masing OPD," sambungnya.

"Sumpah yang sudah kita sampaikan, yang sudah bapak ibu junjung tinggi, itu tolong dilaksanakan bapak ibu sekalian.
Dan saya yakin bapak ibu sekalian adalah orang-orang terhormat, orang-orang yang loyal, apa yang kita bicarakan, apa yang kita sampaikan, untuk memenangkan NA**EM Tapanuli Tengah itu tetap berjalan. Jangan beredar keluar," tegas suara dalam rekaman.

Di akhir rekaman, suara yang diduga Sekda Tapteng menekankan semua yang ada dalam ruangan untuk tidak jadi penghianat dan tidak mau diobok-obok.

Sekdakab Tapteng, Herman Suwito, yang dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp, belum memberikan tanggapan. Sementara Pj Bupati Tapteng, Sugeng Riyanta menegaskan, akan meminta penjelasan Sekda setelah libur Natal.

"Saya akan mohon penjelasan pak Sekda dulu setelah libur natal selesai. Beliau sedang liburan di luar kota, sudah pamit kepada saya," jawab Sugeng.