INHU - Bupati Indragiri Hulu diwakili Staf Ahli Evi Irma Junita, SKM, M. Kes menghadiri pencanangan dan sosialisasi penguatan kampung keluarga berkualitas (KB) Kecamatan Batang Gansal, Kecamatan Batang Cenaku dan Kecamatan Seberida, Jumat (22/12/2023). Kampung KB merupakan konsep percepatan pembangunan keluarga yang terintegrasi dan komprehensif dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan individu, keluarga dan masyarakat. 
 
Menurut Evi kampung KB memiliki target untuk nenurunkan angka stunting di setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Indragiri Hulu. 
 
Saat ini sebutnya, sudah terbentuk 30 desa kampung KB sesuai surat keputusan Bupati No KPTS.280/VI/2023 tentang penunjukan Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2023.
 
"Saya atas nama pemerintah daerah mengapresiasi kepada Kampung KB yang sudah memenuhi indikator kampung KB dan menjadi utusan kampung KB dalam lomba kampung KB di Provinsi Riau," ujar Evi Irma. 
 
Dikesempatan yang sama, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab Indragiri Hulu Rika Vania Nora, S. SI T, MPH, dalam laporannya mengatakan pencanangan dan sosialisasi penguatan kampung KB ini merupakan gelombang terakhir.
 
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini adanya implementasi, sehingga visi dan misi dari kampung KB dapat terselenggara dengan baik serta dapat mendukung kesejahteraan masyarakat khususnya dalam penanganan penurunan angka stunting di Kabupaten Indragiri Hulu.
 
"Kampung KB point mendasar terdapat rumah dataku , dimana adanya informasi kependudukan dan data," sebutnya.
 
Dengan programnya adalah rumah dataku, pemberian makanan tambahan, kelompok bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, upaya peningkatan keluarga asektor, pelayanan kontrasepsi jangka panjang, tambahnya. 
 
Ia juga berharap seluruh masyarakat dapat mengisi rumah dataku dengan baik dan benar. 
 
"Januari tahun depan seluruh desa dan kelurahan akan direncanakan rembuk stunting, agar permasalahan yang kita hadap bisa mendapatkan solusi lebih baik dan tepat sasaran," harapnya.