MADINA - Hujan terus - menerus dan tingginya insetitas curah hujan yang terjadi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) belakangan ini menyebabkan debit air sungai Batang Gadis membesar. Dan dengan luapan sungai itu juga menyebabkan satu unit bangunan sekolah di STAIN Madina yang merupakan tempat kegiatan Pramuka para pelajar di sekolah itu ambruk.

Dalam peristiwa yang terjadi pada Kamis (21/12/2023) dini hari sekira Pukul 02.00 Wib tersebut juga menghanyutkan puluhan kursi yang berada di gedung tersebut.

Wakil Ketua II, STAIN Madina DR Kasman mengatakan robohnya sejumlah fasilitas milik kampus STAIN itu terjadi pada saat musim penghujan, sehingga membuat sungai Batang Gadis menjadi meluap.

Kasman menjelaskan, akibat hantaman sungai Batang Gadis dalam dua minggu terakhir ini diperkirakan sudah ada puluhan meter lahan kampus yang sudah tergerus sungai atau abrasi.

Dengan kondisi itu, kata dia kalau tidak ada upaya penanganan sesegera mungkin dari pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera II dan pihak terkait membuat sejumlah bangunan kampus lainnya juga dikhawatirkan terancam roboh dihantam gerusan sungai Batang Gadis.

"Akibat luapan sungai Batang Gadis, puluhan meter pagar permanen milik kampus dan satu unit gedung sekretariat Pramuka roboh akibat tergerus arus sungai," kata Kasman kepada wartawan, Jumat (22/12/2023).

Sementara itu, Kepala UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sumatera Utara, Andi Hakim Matondang yang dikonfirmasi menyampaikan, jika kejadian tersebut sudah dilaporkan ke dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Provinsi Sumatera Utara.

"Kejadian banjir Batang Gadis yang sempat membuat satu unit bangunan dan puluhan meter pagar di kampus STAIN roboh serta kejadian banjir di Sungai Aek Singolot sudah kita laporkan ke Dinas PUPR Provinsi Sumut. Selain itu, kita juga sudah mengusulkan pembangunan perkuatan tebing sungai di lokasi," jelas Andi ketika dihubungi.

Sungai Batang Gadis sendiri diketahui merupakan salah satu sungai terbesar di Madina. Saat ini sejumlah bangunan permanen milik STAIN hanya berjarak beberapa meter saja dari badan sungai.