Tanjungbalai - BRI pada tahun 2022 yang lalu mencatatkan laba bersih senilai Rp51,4 Triliun. Pencapaian ini merupakan rekor tertinggi sepanjang masa. Hal itu diungkapkan oleh Sunarso selaku Dirut/CEO BRI melalui Branch Manager Office BRI Tanjungbalai, Heldin Suranta Tarigan

Heldin menyampaikan pidato Sunarso mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh insan BRILian atas kerja keras, cerdas dan ikhlas nya.

"Ini merupakan rekor tertinggi dalam sejarah BRI sejak didirikan, juga menjadi catatan yang prestisius karena BRI menjadi perbankan pertama di Indonesia yang mampu menembus laba di atas Rp50 Triliun," katanya saat pidato perayaan HUT ke 128 BRI di halaman BRI Branch Office Tanjungbalai, Sabtu (16/12/2023) lalu.

Demikian juga pada tahun 2023 ini, selama 9 bulan kinerja BRI secara konsolidasian dapat meraih pencapaian sebagai berikut:

• Asset: sebesar Rp1.852 triliun dan tumbuh 9,9% YoY
• Kredit: sebesar Rp1.250 tumbuh 12,5% YoY
• Simpanan: sebesar Rp1.290 triliun, tumbuh 13,2% YoY
• CASA: 63,64%
• NPL: 3,07%, membaik -0,02% YoY
• LDR: 87,76%
• Laba: Rp44,21 triliun, tumbuh 12,5% YoY

"Atas pencapaian tersebut, sekali lagi saya sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh pekerja BRI Group," ucapnya.

Menurutnya, kinerja cemerlang BRI Group juga banyak mendapat apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak.

Sepanjang tahun 2023, BRI menerima lebih dari 190 awards baik yang bertaraf nasional maupun internasional. Adapun beberapa penghargaan tersebut, antara lain:

1. Forbes Global 2000 menobatkan BRI sebagai World. Largest Company In Indonesia, peringkat #1 di
Indonesia dan peringkat #307 di dunia, naik dari
peringkat #349 tahun lalu.

2. Euromoney menobatkan BRI sebagai Market Leader in Indonesia dan Best Service di Asia Pacific.

3. Asia Money menobatkan BRI sebagai Best Domestic. Bank in Indonesia, Best Domestic Private Bank in Indonesia, dan Market Leader Trade Finance (Asian Banks) in Indonesia.


4. Finance Asia menganugerahkan 9 Award ke BRI, beberapa diantaranya: Best Financial Company (Gold), Best Corporate ESG Strategy (Gold), Best Overall, Company (Gold) dan termasuk Best CEO untuk Direktur Utama BRI

5. The Asset Triple A menobatkan BRI sebagai Best Issuer for Sustainable Finance, Best Sustainability-Linked. Loan, Best Private Bank for High Net Worth Individual
in Indonesia.

6. Global Finance menobatkan BRI sebagai Best Bank in Indonesia

7. Brand Finance memberikan predikat kepada BRI sebagai “The Most Valuable Brand in Indonesia” (peringkat 1 di Indonesia).

"Berbagai penghargaan ini tentunya semakin memotivasi kita
untuk tidak pernah berhenti untuk menjadi dan memberi yang
terbaik kepada BRI dan negeri ini," harapnya.

Direksi juga memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada para yubilaris atas darma bakti yang diberikan
kepada perusahaan selama 15 tahun, 20 tahun, 25 tahun, 30 tahun dan 35 tahun terus-menerus tanpa terputus dan tercela.

Tahun ini secara nasional tercatat jumlah pekerja yang menerima penghargaan adalah sebanyak 2.069 orang, dengan rincian sebagai berikut:

• Penghargaan 15 tahun masa kerja sebanyak 176 orang,
• Penghargaan 20 tahun masa kerja sebanyak 1.199 orang,
• Penghargaan 25 tahun masa kerja sebanyak 224 orang,
• Penghargaan 30 tahun masa kerja berjumlah 240 orang,
• Penghargaan 35 tahun masa kerja berjumlah 230 orang.

Kepada para yubilaris, Direksi mengucapkan terima kasih dan
apresiasi setinggi-tingginya atas sumbangsih dan
kontribusinya kepada Perusahaan.

"Namun demikian, kita juga prihatin karena pada periode Januari hingga Oktober 2023,.telah terjadi 280 kejadian
fraud yang melibatkan 352 pekerja BRI," ungkapnya.

Adapun kejadian tersebut, mulai dari level jabatan Pemimpin Unit Kerja (Pemimpin Cabang, Pemimpin Cabang Pembantu, Kepala Unit), Tenaga Pemasar, Frontliner, Satpam sampai Cleaning Service.

"Terhadap kejadian ini kita sudah mengambil tindakan tegas dengan melakukan hukuman disiplin berupa PHK terhadap 117 pekerja yang terbukti fraud," tegasnya.

Menurutnya, Fraud memiliki dampak yang signifikan dan bersifat multi effect. Selain kerugian finansial, fraud juga dapat merusak reputasi bank dan menimbulkan risiko-risiko lainnya yang
dapat merusak citra Bank sebagai lembaga kepercayaan.

"Oleh karena itu, diperlukan peningkatan budaya sadar risiko, mari kita jaga diri sendiri, jaga kawan sendiri, dengan begitu kita bersama-sama sedang menjaga BRI," ujarnya.

Dari itu, BRI Branch Office Tanjungbalai memberikan penghargaan kepada 3 orang pegawai BRI karena masa kerja yang sudah cukup lama.

Adapun penghargaan itu diserahkan saat HUT ke 128 BRI kepada Hotdiman Simanjorang jabatan Small Bisnis Manajer (SBM) masa kerja 30 tahun.

Kemudian Affan Tian Atjuh jabatan Manager Bisnis Mikro (MBM) masa kerja 20 tahun dan Hariyanto jabatan Unit Risk and Compliance (URC) masa kerja 20 tahun.

Penghargaan diserahkan oleh Branch Manager Office BRI Tanjungbalai, Heldin Suranta Tarigan di halaman BRI Branch Office Tanjungbalai.