INHU - Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K menyampaikan 5 faktor penentu dalam mewujudkan pemilu damai 2024. Hal itu diungkapkannya dalam sambutannya saat acara deklarasi pemilu damai 2024 bertema 'Pemilu yang bersih, aman, damai, kondusif dan berintegritas di Kabupaten Inhu,' Rabu (6/12/2023) di gedung Dang Purnama Rengat.

Dikatakan Kapolres, 5 faktor penentu tersebut di antaranya, penyelenggaraan pemilu harus berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan.

Kemudian penyelenggara Pemilu harus memiliki integritas dan profesionalitas agar terbangunnya public trust. Ketiga, warga yang memiliki hak pilih menjadi pemilih berdaulat, menjadi pemilih cerdas, memilih dengan pertimbangan rasional, bukan emosional, apalagi politik transaksional.

Selanjutnya, peserta pemilu taat pada aturan yang telah ditentukan perundangan. Serta media informasi yang netral dan edukatif. Keberadaan media harus dioptimalkan sebagai sarana informatif, edukatif, dan advokatif dengan menyebarkan informasi yang positif.

Media diharapkan dapat berperan aktif menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, Kapolres juga memaparkan beberapa tantangan pemilu 2024, diperkirakan masih akan diwarnai isu-isu klasik seperti money politic, isu sara, hoax, black campaign, character assassination dan trust terhadap penyelenggara yang rendah.

Kemudian segregasi (memecah belah masyarakat) dan provokasi sara sangat mudah memicu sentimen dan gerak massa. Masyarakat tidak akan bergerak dan bertindak melawan hukum tanpa ada upaya mobilisasi dari oknum-oknum yang berkepentingan.

Menurut Kapolres, situasi ini bila tidak diantisipasi secara proaktif dan bijaksana, akan menghadirkan kontestasi yang jauh dari damai.

Sementara, Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi, S.E dalam sambutannya mengatakan Pemkab Inhu, mengapresiasi dan dukungan terhadap deklarasi pemilu damai 2024.

Sebelumnya, Ketua KPU Inhu, Yenni Meirida, S.E., M.H mengatakan kegiatan ini merupakan momentum untuk berkolaborasi, bergandengan tangan dalam menyelenggarakan Pemilu.

Selanjutnya naskah pembacaan naskah deklarasi pemilu damai 2024 yang dipimpin Ketua Bawaslu Inhu, diikuti seluruh parpol.

Acara dihadiri Dandim 0302 Inhu diwakili Pasi Ops Kodim 0302 Inhu Lettu Arm. Herdianto, Kepala Kejaksaan Negeri Inhu, yang diwakili Jaksa Fungsional, Meidiasari, S.H, Panitera Pengadilan Negeri Rengat, Hj. Manidar, S.H. M.H, Kaban Kesbangpol Inhu, Bambang Indrawan S.STP, M.SP. 

Ketua Bawaslu Inhu, Dedi Risanto, S.IP, M.Si, KSOP Inhu, Rieskie Kurniawan, Kepala Rutan Kelas /II B Rengat, Julius Barus, SE. MH, Wakapolres Inhu, Kompol Teddy Ardian, SH, S.I.K, MH, Rektor ITB Indragiri, H.R. Marwan Indrasaputra, SE. M.Si, Ketua LAMR Inhu, Datuk Seri Ali Fahmi, Ketua Pemuda Pancasila Inhu, Taufik Hidayat. 

Kapolsek jajaran Polres Inhu, Danramil jajaran Kodim 0302 Inhu, Camat se Kabupaten Inhu, Lurah dan Kades se Kecamatan Rengat, para Ketua Parpol, perwakilan Caleg, para ketua Ormas, OKP, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat se Kabupaten Inhu.