INHU - Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi, SE menghadiri deklarasi pemilu damai tahun 2024 yang dipusatkan di Gedung Dang Purnama Rengat, Rabu (6/12/2023). Deklarasi bersama Bawaslu, KPU dan 18 partai politik peserta pemilu itu jug dihadiri unsur Forkopimda Inhu.

Pembacaan deklarasi dipimpin Ketua Bawaslu Inhu, Dedi Risanto, diikuti 18 pimpinan partai politik. Adapun, isi deklarasi tersebut, di antaranya melaksanakan pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

Kemudian, akan mematuhi dan mentaati segala bentuk dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.

Ketiga, menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara.

Dalam kesempatan itu juga turut ditandatangani deklarasi pemilu oleh 18 pimpinan parpol dan diikuti Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Bupati Inhu, beserta unsur forkopimda.

Bupati Inhu dalam sambutannya mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan kegiatan ini. 

Bupati menilai kegiatan deklarasi bersama stakeholder, parpol, penyelenggara pemilu, dan berbagai unsur ini sangat strategis dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat pada pemilu 2024.

"Mewujudkan pemilu yang aman, damai, bersih dan jujur tidak semata-mata merupakan tugas Kepolisian saja, melainkan perlu kerjasama dari berbagai pihak. Sehingga, saya berharap agar kita saling mendukung mensukseskan penyelenggaraan pemilu," ujarnya.

Dalam kesempatan ini ia juga mengimbau semua pihak, agar bersama-sama ikut berpartisipasi dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu serentak 2024, dengan menciptakan pelaksanaan pemilu yang damai, jujur dan berintegritas.