PALAS - Semangat Transformasi wujudkan kualitas indonesia maju karena organisasi PGRI bagian dari organisasi KORPRI yang selalu melakukan pembinaan ke para dewan pengajar di sekolah agar meningkatkan kualitas mengajar untuk mengisi cita cita bangsa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal itu disampaikan Ketua PGRI Kabupaten Palas, Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti,ST, usai menghadiri Peringatan HUT Korpri ke 52 dan juga HUT PGRI ke 78 di lapangan Kantor Bupati Sigalagala Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Rabu (29/11/2023).

Menurut Bidarlis, awal mula Korpri tidak lepas dari keberadaan orang Indonesia yang bekerja di bawah kekuasaan Belanda di zaman penjajahan. Ketika kekuasaan Belanda jatuh, semua mantan pegawai pemerintah Hindia Belanda dipekerjakan oleh pemerintah Jepang.

“Kala itu, pegawai pemerintah diambil dari kaum bumiputera. Kedudukan mereka sebagai pegawai berada di kelas terbawah,’ terangnya.

Begitu berdiri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), lanjutnya, semua pegawai Jepang diubah menjadi Pegawa NKRI. Usai pengakuan kedaulatan RI, 27 Desember 1949, semua pegawai RI, pegawai RI non Kolaborator, dan pegawai pemerintah Belanda berganti menjadi Pegawai RI Serikat.

“Perjalanan pegawai pemerintah mengalami masa panjang. Sampai akhirnya di zaman pemerintahan Presiden Soeharto diberikan wadah melalui Korpri mulai 29 November 1971," jelas Bidarlis menguraikan sejarah perjalanan Korpri.

Untuk itu, ia berharap, para guru memiliki peran krusial untuk membentuk generasi penerus yang unggul dan berdaya saing sehingga guru harus menciptakan transformasi positif bagi pendidikan di Kabupaten Palas khususnya dan indonesia umumnya.

Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti,ST yang juga Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Barumun berharap, perlu upaya untuk terus mendorong para guru mengembangkan kualitas dan kompetensi agar mampu menghadapi tuntutan zaman yang semakin kompleks.

”Semangat transformasi dan perbaikan kualitas pendidikan menjadi landasan utama dalam mewujudkan Indonesia maju melalui pembentukan generasi penerus yang berkompeten,” tutupnya.