Toba - Ketua PWI Sumut H. Farianda Putra Sinik, SE meyambut baik kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) oleh PWI Bonapasogit yang berlangsung selama dua hari (29-30/11/2023) di Hotel Purnama Balige. "Banggalah kalau sudah kompeten. Berarti sudah profesional," ujar Farianda dalam sambutannya di pembukaan UKW Bonapasogit bertempat di Hotel Purnama Balige, Rabu (29/11).

Farianda menyampaiakn ucapan dukungannya untuk menyemangati seluruh peserta UKW selama mengikuti ujian.untukemgikutinya tetaplah dengan santai jangan tegang serta berharap seluruh peserta UKW lulus.

Tak luput dia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus yang telah berkenan mendukung kegiatan UKW digelar di Kabupaten Toba.

"Kalau semua wartawan di Toba sudah kompeten, pak bupati dan Forkopimda Toba sudah enak dan tidak repot lagi bekerja. Tidak akan dikonfirmasi jam 12 malam," ungkapnya senyum.

Farianda juga menegaskan, bahwa kegiatan UKW ini tidak dibuat-buat. Kedepan, agar para wartawan yang belum kompeten supaya mengikuti UKW.

"Saat ini yang mengikuti UKW masih 12 orang. Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi. Karena melalui UKW inilah untuk bisa masuk menjadi anggota PWI. Bukan berarti otomatis masuk, harus ujian dulu," tegasnya.

Dan berbanggalah menjadi anggota PWI yang sudah diakui dunia. Kalau sudah menjadi anggota PWI, berarti sudah kompeten dan profesional.

Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus bangga dan sangat mengapresiasi pelaksanaan UKW Bonapasogit.

Harapan kita setelah kompetensi ini, wartawan sudah menjadi kompeten dan profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Setelah kriteria sudah dipenuhi dan bisa dipraktekkan saat menjalankan tugas sebagai wartawan.

Berarti sudah matang dalam penyajian berita yang padat dan berisi menarik untuk dibaca masyarakat.

"Bagi yang lulus UKW supaya ada peningkatan. Pemkab Toba selalu mendukung kegiatan ini. Tahun depan hibah akan kita naikkan. Semoga semua lulus," harapnya.

Hadir pada acara UKW itu, Kajari Toba Dohar Nainggolan, mewakili Kapolres Kompol Berman Simarmata, VP Operasi dan Bendungan PLTA FZ Nando Purba dan Charis Simangunsong.