LANGKAT - Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH diwakili oleh Sekretaris Daerah kabupaten Langkat H.Amril, S.Sos, M.AP menghadiri sosialisasi daya dukung dan daya tampung air sungai oleh Dinas Lingkungan Hidup bertempat di Hotel Grand Hotel Stabat, Selasa (28/11/2023). Sosialisasi ini mengangkat tema "Daya Dukung Daya Tampung Air Sungai". Pemateri Sosialisasi Daya Dukung Daya Tampung Air Sungai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Langkat dari Kepala bidang pengendalian dan kerusakan lingkungan hidup dan rehabilitasi hutan dan lahan Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Akmal, ST, MH dan Teknik Lingkungan Universitas Sumatera Utara Dr. Amir Husin, ST, MT.

Adapun peserta dalam kegiatan ini terdiri dari 8 kelompok tani, 1 penerima mesin pres, 15 orang dari kecamatan, 1 orang kepala desa, dan 35 orang perusahaan, jumlah seluruhnya 60 orang.

Di berharap, sosialisasi ini dapat meningkatkan keseimbangan kebutuhan manusia dan ekosistem tetap agar tetap terjaga.

"Kegiatan ini kami buat karena sungai sangat penting untuk kehidupan kita untuk masa sekarang dan masa depan. Karena daya dukung dan daya tampung merupakan pertimbangan penting dalam pembangunan untuk mengantisipasi pencemaran lingkungan," sebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup M. Harmain, S.STP.

Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH diwakili oleh Sekretaris Daerah kabupaten Langkat H.Amril, S.Sos, M.AP mengatakan, daya dukung daya tampung menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan berkelanjutan, karena dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

"Atas pelaksanaan sosialisasi ini, saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih dalam upaya mengedukasi kita semua akan peran penting daya dukung daya tampung bagi perencanaan pembangunan kabupaten Langkat," ucapnya.

"Harapan saya seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh -sungguh agar nantinya pengetahuan ini dapat dikembangkan lagi, baik ke kelompok kelompok tani yang tidak bisa datang maupun ke masyarakat," sambungnya berharap.

Selanjutnya Amril, S.Sos, M.AP membuka sosialisasi daya dukung daya tampung air sungai dinas lingkungan hidup Kabupaten Langkat.

Pada kegiatan itu dilaksanakan pemberian bantuan bibit tanaman produktif, bantuan mesin pres kayu, pemberian bantuan hidroponik kepada kelompok tani, kelompok teknis dan pengrajin se Langkat diberikan H.Amril, S.Sos, M.AP.*