ASAHAN - Dua Kanit di Wilayah Hukum Polres Asahan, berpindah tugas menjadi Kapolsek di Wilayah Hukum Polres Tanjungbalai. Jabatan itu telah disahkan setelah Kapolres Tanjungbalai, AKBP Ahmad Yusuf Afandi memimpin serah terima jabatan Kapolsek dan Kasat Reskrim, Jumat (24/11/2023) lalu.

Kedua Kanit tersebut adalah Iptu Muhammad Rony, sebelumnya dia menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Simpang Empat, Polres Asahan, kini dengan jabatan baru sebagai Kapolsek Tanjungbalai Utara Polres Tanjungbalai.

Kemudian, Iptu Dian Simangunsong, sebelumnya menjabat sebagai Kanit Tipikor Sat Reskrim Polres Asahan, kini menjabat sebagai Kapolsek Sei Tualang Raso, Polres Tanjungbalai.

Dua nama perwira polisi tersebut memiliki latar belakang reserse kriminal yang tidak segan bertindak tegas dan terukur terhadap pelaku kejahatan. 

Akan tetapi, keduanya juga dikenal sangat humanis terhadap masyarakat dengan melindungi masyarakat dari tindak kejahatan.

Dian Simangunsong sebelum menjabat sebagai Kanit Tipikor, pernah menjabat Kanit Jatanras Satreskrim Polres Asahan dan dikenal tidak pandang bulu dengan pelaku kriminal.

Tak jarang pria yang akrab di sapa Acong ini menghadiahi pelaku kejahatan dengan timah panas pada bagian kakinya. 

Kemudian, disaat menjabat sebagai Kanit Tipikor, dirinya mengungkap kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Kepala Desa Sidomulyo, senilai Rp 141 juta. 

Sementara, Iptu Muhammad Rony juga selalu bertindak hal yang sama seperti Iptu Dian, dirinya tak pernah pandang bulu menumpas kejahatan saat menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Simpang Empat.

Sebelum menjabat Kanit Reskrim Polsek Simpang Empat, Iptu Rony sempat lama gabung di Satuan Lalu Lintas, Sebagai Kanit Laka Lantas.

Kemudian, setibanya dia mutasi sebagai Kanit Reskrim Polsek Simpang Empat, Iptu Rony langsung merubah penampilannya hingga 360 derajat.

Sebab, yang biasanya berpenampilan rapi dengan seragam lengkap, Iptu Rony merubah penampilan selayaknya anak gaul yang hidup di pasaran.

Dia mengubah rambutnya menjadi gimbal panjang dan berpenampilan brewokan. Hal ini adalah caranya untuk menumpas kejahatan di wilayah hukum Polsek Simpang Empat.

Selama menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Simpang Empat, Iptu Rony sangat giat mengungkapkan kasus peredaran narkotika.

Hingga banyak tulisan atau berita tentang pengungkapan yang dilakukannya selama jadi Kanit Reskrim.

Dari catatan kedua Perwira ini, telah mengeluarkan beberapa harapan dari warga Kota Tanjungbalai.

Warga Kota Tanjungbalai sangat berharap besar kepada Iptu Rony dan Iptu Dian agar bekerja dengan baik, sama seperti di Polres Asahan.

Kedua Kapolsek ini juga sangat diharapkan memberikan rasa aman dan nyaman terhadap Masyarakat. Tak terkecuali penumpasan peredaran narkotika.

"Dua kapolsek ini memiliki catatan yang sangat bagus saat berdinas di Polres Asahan. Tidak sedikit penjahat yang berhasil ditangkap mereka. Kami masyarakat Tanjungbalai terutama meminta agar peredaran narkotika di Kota Tanjungbalai ini dapat diungkap," kata salah seorang warga, Hendra Syahputra.

Terlebih, wilayah tugas keduanya merupakan tempat yang cukup sering dijadikan para bandar melakukan transaksi narkoba.

"Tanjungbalai Utara, dan Sei Tualang Raso itu tempat rawan narkoba. Kami berharap keduanya dapat memberantas narkotika ini sampai akar-akarnya," harapnya.