PALUTA - Gegara curah hujan lebat yang terus menerus melanda Wilayah Kecamatan Simangambat dan sekitarnya mengakibatkan beberapa akses jalan utama Kecamatan Simangambat menuju Kecamatan Halongonan timur, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) hampir lumpuh total. Informasi yang dihimpun www.gosumut.com, saat ini, pada Sabtu (25/11/2024) malam, Di Kecamatan Simangambat ada 2 titik parah terendam air.
 
Titik yang pertama terletak di Desa Simangambat Julu, Kecamatan Simangambat, tepatnya terjadi pada akses jalan lintas umum Kecamatan Simangambat menuju Kecamatan Halongonan Timur.
 
Dimana terdapat 4 titik ruas jalan dengan kedalaman rendaman air mencapai kurang lebih 100 cm yang mengakibatkan tidak dapat dilalui oleh kendaran bermotor.
 
Kemudian, titik kedua di Desa Pagaran Tonga, Kecamatan Simangambat, dimana 3 Dusun yang berjumlah penduduknya 133 Kepala Keluarga itu, setidaknya terdapat 54 rumah penduduk terendam banjir dengan ketinggian 20 s/d 60 cm.
 
Sehingga penduduk yang rumahnya terendam banjir diungsikan ke rumah penduduk yang tidak terimbas banjir.
 
Kasat Samapta AKP Harun Manurung, S.H bersama personilnya yang langsung melakukan pengecekan di beberapa tempat dan jalan utama yang terendam air di Kecamatan Simangambat.
 
"Akibat Curah hujan yang semakin tinggi dan terus menerus, mengakibatkan volume air sungai barumun semakin meluap (Bertambah)," ujar AKP Harun Manurung kepada Gosumut.com, Sabtu (25/11/2024).
 
Kita dari Sat Samapta Polres Tapsel, dikatakannya, melakukan pengecekan di beberapa ruas jalan yang banjir akibat hujan deras selama berjam jam di wilayah Kecamatan Simangambat ini.
 
Selain itu, dikatakannya, Kita (Sat Samapta Polres Tapsel) turut hadir disini untuk membantu serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga terdampak.
 
"Pihak Polres Tapanuli Selatan bekerjasama dengan BPBD Paluta dan pemerintah Kecamatan dan Desa, terus mengarahkan dan menghimbau warga Desa Pagaran Tonga agar tetap waspada dan berhati-hati, manakala ada banjir susulan," ungkap AKP Harun Manurung.
 
"Posko bantuan bencana telah disiapkan di kantor Desa Pagaran Tonga," tambahnya.
 
Ianya pun menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan yang melintas di lokasi terendam air agar selalu berhati hati saat melintasi jalan yang terendam air, dan bersabar menunggu sampai surutnya air di ruas jalan yg terendam air.***