MADINA - Pasca diguyur hujan selama lebih kurang lima jam, beberapa debit sungai yang berada di kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Salah satunya sungai Aek Sagala di Desa HutaTonga sehingga menyebabkan pemukiman tergenang banjir hingga masuk ke rumah warga. Camat Panyabungan Barat, Martua Efendi Matondang kejadian terjadi pada Jumat(24/11/2023) pada dini hari. Martua menyebut akibat luapan sungai itu juga membuat areal persawahan warga rusak. 
 
Meski demikian bahwa sekira Pukul 11:00 Wib, kata Martua air sudah mulai surut dan mulai dapat membersihkan sisa lumpur akibat genangan banjir itu. 
 
"Luapan air itu terjadi pada pukul 9 malam kemaren. Kemudian air mulai membesar sehingga membanjiri rumah warga pada pukul 2 malam kemaren. Dan siang ini warga sudah bisa membersihkan rumah dari sisa sisa akibat banjir tersebut, " kata Martua. 
 
Sementara air yang masuk kepemukiman warga tersebut kata Martua kedalamannya sampai sepinggang orang dewasa. 
 
"Ada tiga sungai di Kecamatan Panyabungan Barat ini yang meluap yaitu Sungai Aek Sagala, Aek Sarir dan Sungai Aek Runding. Dan sebenarnya beberapa desa ikut banjir akibat luapan sungai itu namun yang lebih parah tadi di desa Huta Tonga," 
 
"Untuk itu kita dari Forkofimcam Panyabungan Barat menghimbau warga yang berada dibantaran sungai untuk tetap waspada di musim penghujan sekarang ini," ucapnya.