PALAS - Wakapolres Padanglawas (Palas) melakukan verifikasi inventaris dinas di Polsek Sosa berkaitan mutasi Kapolsek Sosa dan Kanit Reskrimnya, Rabu (22/11/2023). Verifikasi inventaris dinas tersebut untuk melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor dinas, senjata api serta amunisinya dan lainnya.

Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika, S.I.K melalui Wakapolres, Kompol Sugianto, S.Pd, Rabu (22/11/2023) usai melakukan verifikasi mengatakan, kegiatan verifikasi tidak hanya inventaris dinas, tetapi dilakukan juga pengecekan laporan bulanan, laporan unit dan seksi serta laporan anggaran.

Dikatakan, hal ini berkaitan dengan mutasinya atau pindah tugas Kapolsek Sosa dan Kanit Reskrimnya ke Polres Tapsel dan Polres Mandailing Natal.

"Mutasi dilingkungan Polri sebagai hal yang wajar guna penyegaran untuk menghindari kejenuhan di satu tempat dan juga pengembangan untuk peningkatan karir," kata Kompol Sugianto.

Untuk diketahui, lanjutnya, AKP Haposan Harahap menjabat Kapolsek Sosa, selama 1 tahun 8 bulan dan dimutasi ke Polres Tapanuli Selatan sebagai Kasubbagbinops dan Kanit Reskrim, Iptu M.Taufik Siregar, SH dipercayakan menjabat Kasat Reskrim Polres Mandailing Natal (Madina).

Kata Sugianto, verifikasi pemeriksaan mulai dari bidang Opsnal, SDM, Sarpras dan Garkeu selama dijabat Kapolsek Sosa.

"Pemeriksaan ini dilakukan guna memberikan gambaran kepada pejabat baru tentang lingkungan kerja agar meningkatkan kualitas kinerja dari pejabat sebelumnya," terangnya.

Pengganti Kapolsek Sosa dijabat, Iptu Muliadi SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Padang Bolak Polres Tapanuli Selatan.

Sebelum dilaksanakan serah terima jabatan Kapolsek, kata Wakapolres, perlu dilakukan verifikasi terhadap inventaris dinas dan lainnya.

Ditambahkan, secara umum penyelenggaraan dan pengelolaan di Polsek Sosa berjalan dengan baik dan harus ditingkatkan oleh pejabat yang baru.

"Hasil dari pengecekan yang dilakukan baik inventaris dinas dan laporan bidang keuangan dan lainnya, telah sesuai data," tandasnya.

Usai verifikasi, Kasiwas, Aipda Adi Wahyuda menjelaskan, tujuan dilakukan verifikasi ini untuk memberikan gambaran dan masukan kepada pimpinan tentang objek Polsek.

"Pejabat baru dapat mempunyai suatu gambaran untuk tugas kedepan yang akan dilaksanakan," terangnya.

Turut serta mendampingi, Wakapolres, Kabag Ren, Kompol P.Simarmata, Kasat Samapta, AKP M.Husni Yusuf, Kasi Propam Iptu G Harahap, KBO Reskrim, Iptu Ahmad Bani SH.