LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga MKM mengajak semua pihak untuk saling menjaga kerukunan antar umat beragama di NKRI terkhusus di Kabupaten Labuhanbatu. "Karena yang hadir di sini adalah tokoh - tokoh agama, para ulama, ketua - ketua Organisasi dan adik - adik mahasiswa, mari kita jaga kerukunan beragama dari isu - isu pemecah belah kerukunan beragama di Kabupaten Labuhanbatu," ucap Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM saat menghadiri Seminar Nasional yang digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), di Rumah Dinas Bupati, Rabu (22/11/2023).

Menurut Bupati, di Labuhanbatu ini belum pernah terdengar kita namanya radikalisme dan belum pernah juga kita dengar perpecahan antar umat beragama.

"Artinya, sudah 78 tahun kemerdekaan republik Indonesia, Labuhanbatu ini masih aman, masih adem tidak ada perpecahan. Untuk itu mari kita saling menghargai agama masing - masing," kata Bupati.

Disitu, Bupati juga menyampaikan kepada semua yang hadir disini untuk mendengarkan apa yang disampaikan nantinya oleh narasumber, bagaimana moderasi beragama dalam bingkai NKRI di bumi Ika Bina En Pabolo.

"Semoga apa yang disampaikan oleh narasumber, nanti kita bisa pahami, bisa kita ajarkan dan juga bisa kita tangkis apabila nantinya ada mungkin paham dari luar masuk di Kabupaten Labuhanbatu." Ujarnya.

"Kita berharap di Labuhanbatu ini tetap teguh dan satu pendirian bahwasannya Kabupaten Labuhanbatu ini adalah negara NKRI yang tak ingin dipecahkan oleh isu - isu agama," tutup Bupati.

Sebelumnya, Ketua FKUB Dr.H. Galih Orlando S.Pd.l.,SH., M.Kn menyampaikan bahwa acara seminar Nasional "Moderasi Beragama Dalam Bingkai NKRI di Bumi Ika Bina En Pabolo", dilaksanakan sebagai komitmen FKUB sesuai amanah, dimana amanah tersebut dijelaskan dalam peraturan SKB 2 Menteri. Pertama menjaga kerukunan antar umat beragama kemudian menjaga kerukunan intren umat beragama dan kemudian menjaga kerukunan beragama dengan pemerintah.

"Kami pun langsung menghadirkan atau mengundang guru besar Universitas lslam Indonesia Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA dan Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, SIK., SH.,MH.,MIK," jelasnya.

Galih juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu yang sudah sangat mendukung segala kegiatan yang dilakukan FKUB untuk kerukunan umat beragama di Kabupaten Labuhanbatu.

Galih Orlando juga memberikan plakat kepada Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM dan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. Tanda terima kasih kepada Pemkab yang begitu peduli dengan kerukunan umat beragama di Kabupaten Labuhanbatu.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan materi kerukunan umat beragama oleh narasumber Guru Besar UlN Sumatera Utara Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA dan Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, SIK.,SH.,MH.,MIK.

Turut hadir Forkopimda, Para Pimpinan OPD, Kabag Protokol Prandi Nasution, Mewakili Kemenag, MUI, Alwashliyah, Muhammadiyah, BKRMI, ANSOR, Gamki, PMII, GMNI, Ulb, Stita, Unisla, PC Ibnu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan Lainnya.