PALAS - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar berbagai perlombaan dalam rangka HUT PGRI ke 78 sekaligus Hari Guru Nasional (HGN) ke 78 Tahun 2023. PGRI Kecamatan Barumun sebagai tuan rumah melaksanakan berbagai kegiatan perlombaan, di lapangan Merdeka Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Rabu (22/11/2023) yang diikuti oleh guru dan peserta didik mulai tingkat SD, Madrasah Ibtidaiyah (MI) SMP, MTs, MA serta SMA dan SMK se Kabupaten Palas.

Ketua Panitia Asran Hasibuan mengatakan, dalam rangka memeriahkan HUT PGRI ke 78 sekakigus Hari Guru Indonesia digelar berbagai perlombaan diantaranya lomba paduan suara Mars PGRi oleh guru dan peserta didik.

Lomba lainnya, kata Asran, lomba simulasi mangojor, lomba senam sehat, lomba cipta dan baca puisi.

"Kegiatan perlombaan mulai digelar 22-23 November di lokasi lapangan Merdeka Sibuhuan dan halaman Polsek Barumun," terangnya.

Puncak peringatan HUT PGRI sekaligus Hari Guru Nasional ke 78 Tahun 2023 dilaksanakan, Rabu (29/11/2023) yang diisi dengan kegiatan upacara dan penyerahan hadiah kepada para pemenang perlombaan baik kalangan guru dan peserta didik.

Ketua PGRI Kabupaten Palas, Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti mengapresiasi, kegiatan yang dilaksanakan pantia HUT PGRI ke 78 dengan berbagai perlombaan.

"Melalui momentum HUT PGRI ke 78 tahun 2023 sebagai momen yang tepat untuk menghargai jasa para guru. Diharapkan para peserta didik dapat memberikan penghargaan kepada para guru dengan dengan memberikan ucapan terima kasih dan bermanfaat bagi para guru," katanya.

Dikatakan, guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan bangsa. Gurulah yang bertugas mendidik dan mengajar anak-anak bangsa untuk menjadi generasi yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Guru juga berperan dalam memajukan bangsa melalui pendidikan.

Menurut Budarlis, dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, guru juga memiliki peran yang penting. Banyak guru yang turut berjuang melawan penjajah Belanda. Mereka berjuang dengan cara mendidik dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada para siswa.

"Oleh karena itu, melalui peringatan Hari Guru Nasional merupakan momentum penting yang harus yang ditanamkan kepada peserta didik agar terpatri mencintai tanah air dan bangsa," tutup.