PALAS - Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam rangka pelaksanaan pemilukada serentak tahun 2024 antara TNI-Polri. Penandatanganan NPHD dilakukan oleh Plt Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika dan Dandim 0212/TS, Letkol Inf, Amrizal Nasution, di Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Selasa (21/11/2023).

NPHD ini bertujuan meningkatkan akses dan fasilitas di daerah dalam melaksanakan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam tahapan Pilkada.

Plt Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan, NPHD merupakan komitmen dan keseriusan pemerintah daerah dalam mewujudkan pelaksanaan pemilu dan pemilukada serentak tahun 2024 sesuai tahapan KPU untuk penggunaan dan pertanggungjawaban agar sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Dikatakan, penyaluran dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama 40 persen dari nilai NPHD disalurkan pada tahun 2023, kemudian tahap kedua 60 persen dari nilai NPHD disalurkan pada tahun 2024 dalam pilkada nanti.

"Diharapkan, sinergitas antara Pemda, TNI-Polri dan penyelenggara pemilu dan Pilkada serentak 2024, tetap terpelihara dengan baik, sehingga semua tahapan berjalan aman, tertib dan lancar," ujarnya.

Ia juga berpesan, kepada penyelenggara dan pengawas terus menjaga profesionalisme dalam melaksanakan tugas tahapan pilkada tahun 2024 di Kabupaten Palas.

Selanjutnya, ia juga berpesan, untuk meningkatkan kualitas tertibnya administrasi bagi para pemilih, agar saat penyelenggaraan pilkada nanti dapat terlaksana dengan aman dan kondusif, serta mewujudkan kehidupan demokrasi yang baik di daerah ini.

Plt Bupati Palas mengucapkan, terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan dan pelaksanaan NPHD, semoga kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Kakan Kesbangpol Palas, Alhaji Alamsyah Siregar dalam laporannya menyampaikan, sesuai NPHD untuk Pilkada 2024 yang ditandatangani bersama antara Pemerintah Kabupaten Palas dengan TNI sebesar Rp1,8 miliar dan Polri sebesar Rp 3,2 miliar.

"Hari ini, kita telah melaksanakan penandatanganan NPHD antara Pemerintah bersama TNI-Polri untuk Pilkada serentak 2024 mendatang," katanya.

Kegiatan penandatanganan NPHD antara Pemerintah dengan TNI-Polri dihadiri Sekda, Arpan Nasution, Asisten I, H.Panguhum Nasution, Asisten II, Marza Jennova, Asisten III, Amir Soleh Nasution dan Pimpinan OPD serta Unsur Forkopimda Palas.