MADINA - Bupati Mandailing Natal (Madina), Muhammad Jafar Sukhairi Nasution menyebut pengadaan mobil ambulan di Rumah Sakit Umum (RSU) Panyabungan adalah sebuah bukti komitmen pihak RSU Panyabungan sejak menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Mobil ambulan jenis Mitsubishi L- 300 dengan pasilitas lengkap tersebut yang baru saja diserahterimakan oleh Bupati Madina kepada pihak RSU Panyabungan sebanyak dua unit. Kegiatan itu berlangsung dihalaman rumah sakit pada Senin (20/11/2023).
 
Kegiatan itu pun dihadiri Asisten II Setdakab Madina dr. Syarifuddin Nasution dan Kepala Dinas Kesehatan Madina dr. Faisal Situmaorang dan beberapa OPD lainnya. 
 
"Tentu ini adalah bukti komitmen Pak Ridekttur (RSU Panyabungan) bahwa rumah sakit ini dari pada merupakan Badan Pelayanan Umum (BLU). Dan alhamdulillah badan layanan umum mampu membelanjakan untuk kepentingan rumah sakit,"
 
"Kemudian hari ini Pak Ridektur membelanjakan 2 unit amabulanc penunjang rumah sakit yang barang kali selama ini kita ketahui repot dan hari ini sama-sama kita saksikan bahwa ada amabulanc baru fasilitasnya juga insyaallah cukup membantu," kata Bupati Madina. 
 
Selanjutnya juga Bupati Madina mengharapakan RSU Panyabungan kedepannya terus melakukan pembenahan. Dan meski demikian Bupati menyebut patut disukuri walau banyak terjadi dilapangan terutama menyangkut ambulanc.
 
"Untuk saat ini ambulan yang tersedia di RSU sekarang ada empat unit dan barang kali ini sebuah sarana cukup memadai untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Sukhairi.
 
Untuk itu Bupati Madina berharap agar pihak rumah sakit merawat dengan baik. Dan meminta kepada sang supir ambulanc RSU Panyabungan tidak ugal-ugalan bila beroperasi. 
 
Ditempat terpisah Ridektur RSU Panyabungan dr. Rusli Pulungan menyampaikan dengan sarana penunjang kelas I di RSU Panyabungan dengan melihat kondisi pelayanan yang dilakukan pihak rumah sakit kepada masyarakat. Tentunya hal itu pun memberikan dampak keuntungan terhadap Keuangan di rumah sakit.
 
"Sehingga kita RSU Panyabungan bisa meningkatkan pelayana rumah sakit seperti untuk pengadaan ambulan dan kita dapat membelanjakannya dari pendapatan rumah sakit ini sendiri, " sebut dr Rusli. 
 
dr Rusli juga menyebut bahwa penambahan amabulanc RSU Panyabungan untuk tahun depan akan dilakukan dengan melihat sesuai kebutuhanya. 
 
"Tentunya pengadaan ambulan ini ditamabah terus sesuai dengan kebutuhannya. Mudah-mudahan juga ditahun depan kita haparkan ada tambahan sesuai pendapatan rumah sakit," ujarnya. 
 
BLU RSU Panyabungan diketahui pengelolaan manajemen yang baik menjadikan rumah sakit mampu menyuguhkan layanan yang cukup baik dan profesional. Untuk keuangan di RSU Panyabungan itu sebahagian dilaksanakan secara mandiri dan tidak menopang pada APBD.