NIAS UTARA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menanam jagung di kebun Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 2  Tuhemberua,  sebagai wujud dukungan terhadap Gerakan Tani Masuk Sekolah (Gertanimas). Diharapkan dapat meningkatkan minat generasi muda di bidang pertanian menuju pertanian maju, mandiri dan modern. "Kita edukasi sejak dini minat generasi muda di sektor pertanian, sekaligus untuk mengatasi masalah regenerasi petani agar ketersedian dan akses pangan kita tetap terjaga," ucap Pj Gubernur Hassanudin yang hadir bersama Pj Ketua PKK Sumut Dessy Hassanudin di Halaman Sekolah SMKN 2 Tuhemberua, Jalan Gunungsitoli, Desa Banuagea, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara, seperti dikutip Minggu (19/11/2023).

Hassanudin berharap dengan hadirnya Gertanimas di sekolah, diharapkan selain meningkatkan pengetahuan siswa tentang budidaya pertanian, juga akan menumbuhkan semangat para siswa menjadi agripreneur sukses.

Untuk itu, Hassanudin berpesan kepada para guru agar mempersiapkan siswa di sekolah SMKN 2 Tuhemberua, supaya setelah tamat dapat bisa langsung siap pakai dan dapat berkontribusi di lapangan, terutama ikut memajukan sektor pertanian di Nias Utara.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksankan penandatangan MoU tentang Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri Praktek Kerja Lapangan (PKL), antara Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nias Utara dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara, dengan seluruh SMK di Kabupaten Nias Utara.

Usai kegiatan tersebut, Hassanudin beserta rombongan juga meninjau langsung sarana dan prasarana umum yang ada di Nias Utara, yakni Pembangunan Tangkahan Perahu di Desa Siofa Banua, Kecamatan Tuhemberus, pembangunan Masjid di Lotu, Puksesmas Lotu dan pembangunan Alun-alun Nias Utara.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, Sekdakab Nias Utara Bazatulo Zebua, OPD di lingkungan Pemprov Sumut dan Kabupaten Nias Utara, Forkopimda Nias Utara, Ketua PKK Nias Utara Arismanwati Amizaro Waruwu.*