PALAS - Sedikitnya, 1.240 guru bersama siswa siswi  Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padanglawas (Palas) melaksanakan salat gaib dan nariyah di halaman madrasah, Sabtu (18/11/2023). Kegiatan ini sebagai bentuk solidaritas kemanusian dan doa untuk para syuhada Palestina.
 
Antusias para siswa dan guru - guru  melaksanakan salat gaib dan nariyah sebagai wujud dukungan terhadap warga  Palestina atas tindakan agresi Israel.
 
Kepala MTsN 1 Palas, Hj. Mahyarni Junida Nasution,S.Pd.MA mengatakan, kegiatan salat gaib dan nariyah merupakan bagian dari pendidikan karakter, sehingga para siswa memiliki kepedulian terhadap masalah kemanusiaan.
 
Dikatakan, pelaksanaan salat gaib dan nariyah ini juga sebagai bentuk belajar untuk menjadi individu yang peduli dan berempati terhadap penderitaan warga yang lain.
 
Sementara, Ustad Baginda Mulia Harahap,S.Pdi selaku imam yang juga Wakil Kepala Madrasah (WKM) kesiswaan memimpin doa untuk para syuhada palestina yang masih berjuang agar perdamaian dan dan terhentinya konflik yang telah berlangsung begitu lama.
 
"Kita berdoa untuk solidaritas rakyat palestina agar mereka diberi keselematan dan hidup dalam kedamaian," ujarnya.
 
Usai melaksanakan salat gaib, dilanjutkan dengan penggalangan infaq yang terkumpul sebesar Rp 6.692.500, sebagai bantuan untuk muslim Palestina yang akan disalurkan melalui Kanwil Kemenag Sumut.