MEDAN – Menteri Pemuda dan Olah Raga Dito Ario Tejo mengatakan sebanyak 118 pembalap dari 22 negara akan bertarung di ajang Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba.


"Event Aquabike Jetski Word Championship yang digelar di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba pada 22-26 November 2023 mendatang diharapkan berdampak pada peningkatan ekonomi rakyat," tuturnya.

Persiapan festival ini dalam siaran pers Dito melalui live streming yang digelar di pos bloc Jalan Kesawan Medan pada Jumat (17/11/2023) terurai 10 pembalap dari 118 pembalap tersebut di antaranya berasal dari Indonesia. Lomba akan terbagi dalam dua kategori yakni endurance dan circuit,” katanya.

Kegiatan lomba Jetski ini merupakan rangkaian pariwisata ekonomi kreatif yang berkaitan dengan olahraga. Karena itu diharapkan semua pihak mendukung baik pemerintah dan masyarakat serta para awak media untuk mempromosikan kegiatan ini, harap Dito.

Sementara Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata In Journey Maya Watono mengatakan Aquabike Jetski ini adalah momen yang sangat bersejarah karena ini adalah pertama kali Indonesia menggelar kejuaraan berkelas dunia dan kejuaraan ini juga digelar di empat kabupaten di kawasan Danau Toba,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Aquabike Jetski World Championship akan menjadi acara olahraga air internasional kedua yang diselenggarakan di Danau Toba di tahun 2023.

“Pada 24-26 Februari, In Journey telah menghadirkan olahraga air kelas dunia yakni F1Powerboat atau Balap Perahu Motor Formula 1 (F1H2O),” ulangnya.

Dengan menghadirkan Aquabike Jetski World Championship, Maya berharap Danau Toba bisa menjadi water sport tourism andalan Indonesia. In Journey akan terus menghadirkan berbagai kegiatan spesial di Danau Toba sehingga angka kunjungan pariwisata di kawasan tersebut bisa terus meningkat.